Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

400 Perempuan Pelaku UMKM Dapat Bantuan Permodalan

Kompas.com - 18/08/2022, 14:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) memberikan bantuan permodalan kepada 400 perempuan pelaku UMKM.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPLIPI Indah Suryadharma Ali mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan Signature PPLIPI yang telah berjalan sejak tahun 2016.

"Alhamdulilah acara ini dapat dihadiri dua menteri, dan sebanyak 400 perempuan pelaku UMKM dapat hadir semua di sini," kata dia di Convention Center SMESCO Building, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: KemenkopUKM Tingkatkan Daya Saing UMKM di Pasar Global dengan Jejaring Digital

Ia menambahkan, sejak dijalankan pada tahun 2016 program pemberian bantuan permodalan kepada perempuan pelaku UMKM ini telah mencapai 6.500 orang.

"Dengan tambahan 400 pada tahun ini, maka totalnya menjadi 6.900 perempuan pelaku UMKM yang telah kami berikan permodalan," imbuh dia.

Adapun, bantuan yang diberikan senilai Rp 500.000 untuk setiap perempuan pelaku UMKM.

Indah menjabarkan, sasaran dari program bantuan permodalan perempuan pelaku UMKM ini adalah untuk usaha mikro. Sasaran UMKM misalnya, penjual nasi uduk, penjual gado-gado, dan penjual mainan anak yang berada di wilayah Jabodetabek.

Perempuan pelaku UMKM yang mendapatkan bantuan PPLIPI ini rata-rata memiliki modal awal Rp 200.000 sampai Rp 300.000.

Adapun, proses pemilihan UMKM dilakukan melalui perwakilan dewan pengawas yang ada di tiap-tiap daerah.

Indah berharap, program signature PPLIPI ini dapat mengalami peningkatan baik dari jumlah bantuan maupun jumlah perempuan pelaku UMKM penerimanya.

"Memang tidak terlepas dari donatur, kalau misalkan uang yang kami terima lebih banyak, pasti bantuan yang kami salurkan lebih banyak kuantitasnya," ucap dia.

Lebih lanjut, Indah menjelaskan, PPLIPI juga turut memberikan pendampingan kepada perempuan pelaku UMKM setelah diberikan bantuan permodalan.

"Seperti tadi ada penerima dari tahun yang kami anggap berprestasi, kami berikan penghargaan dan tambahan permodalan agar lebih berkembang," tandas dia.

Baca juga: Dekati UMKM, PT Pos Buka 7.700 Drop Point PosAja di 500 Kabupaten dan Kota

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com