BSI Fasilitasi Pembiayaan Sebesar Rp 100 Miliar ke PT Pupuk Kalimantan Timur

Kompas.com - 19/09/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI menyediakan fasilitas pembiayaan dan fasilitas pengalihan utang untuk distributor pupuk PT Pupuk Kalimantan Timur atau PKT. Pada tahap awal, BSI siapkan pendanaan lebih dari Rp 100 miliar.

Tujuan BSI dari pembiayaan ini ialah untuk mendorong distributor pupuk naik kelas. Sebab, distributor berperan penting untuk menyalurkan pupuk ke petani sehingga ikut berperan dalam kemajuan sektor pertanian dan perkebunan Indonesia.

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan, kolaborasi ini merupakan inisiasi BSI dalam penyiapan akses permodalan untuk meningkatkan produktivitas distributor dan agen pupuk di Indonesia.

Baca juga: BSI Akui Bakal Akuisisi Bank Syariah Lain demi Perluas Layanan

Selain itu, BSI juga telah menyiapkan skema pembiayaan berbasis syariah untuk lebih dari 300 perusahaan distributor PKT, khususnya terhadap distributor pupuk nonsubsidi.

Selain menjadi mitra untuk mengakses permodalan, BSI juga telah menyiapkan serangkaian strategi untuk meningkatkan supply chain perdagangan pupuk Indonesia, di antaranya dengan memberikan pendampingan skill dan kompetensi petani-petani daerah, literasi dan inklusi perbankan syariah untuk para Distributor pupuk.

Baca juga: Meski Pandemi, Jumlah Nasabah BSI Prioritas Meningkat 17,9 Persen Per Agustus 2022

Selain itu, BSI berkontribusi melalui pembangunan desa-desa binaan BSI guna meningkatkan potensi pertanian dan perkebunan desa di tingkat lokal.

"Ini menjadi komitmen BSI sebagai bank syariah untuk ambil peran untuk memajukan komoditi pertanian dan perkebunan, dimulai dari hulu yakni kemudahan akses permodalan pembiayaan pupuk," ujar Anton dalam keterangan tertulis, Senin (19/9/2022).

Hingga Juni 2022, BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 12,6 triliun untuk sektor pertanian dan perkebunan atau berkontribusi sebesar 6,6 persen dari total pembiayaan BSI.

Pembiayaan ini, kata dia, dilakukan untuk memacu penyaluran pembiayaan di sektor pertanian dan perkebunan, seiring komitmen perseroan untuk mendukung ekonomi hijau dan langkah memperkuat ketahanan pangan nasional.

Baca juga: BSI Targetkan Pertumbuhan Laba Sebesar 35 Persen hingga Akhir 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.