Dirut Kresna Life Jadi Tersangka, Nasabah: Jangan Jadi Alasan Tidak Bayar Kewajiban

Kompas.com - 21/09/2022, 13:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nasabah perusahaan PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) resah lantaran direktur utama perusahaan berinisial KS, telah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus dugaan penggelapan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Salah satu nasabah yang enggan disebutkan namanya mengatakan, hal ini berpotensi menjadi alasan lain oleh Kresna Life untuk tidak membayar kewajiban kepada nasabah.

Ia menyebut, awalnya Kresna Life sudah mencicil pembayaran kewajiban kepada nasabah sampai Maret 2022.

Baca juga: Direktur Utama Kresna Life Ditetapkan Jadi Tersangka Penggelapan Polis Nasabah

Namun, dengan adanya sanksi pembatasan kegiatan usaha (PKU) yang sudah lebih dari satu tahun menyebabkan manajemen Kresna Life sulit menjalankan usahanya untuk membayar klaim.

"Jadi sejak Maret 2022, pembayaran (kewajiban kepada nasabah) terhenti kembali, Jadi (penetapan Dirut sebagai tersangka) jangan jadi alasan tidak membayar kewajiban," kata dia kepada Kompas,com, Rabu (21/9/2022).

Ia menambahkan, saat ini nasabah berharap ada tindakan nyata dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk dapat turut berperan melindung nasabah.

Baca juga: Sektor Energi Anjlok, IHSG Parkir di Zona Merah

Sebelumnya, dalam rapat dengar pendapat (RDP) pada Agustus 2020, Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Riswinandi menyebut telah mencium ketidakberesan pada perusahaan asuransi jiwa tersebut sejak tahun 2018.

"Setelah (Kresna Life) gagal bayar, OJK hanya bertindak sebagai fasilitator dan berpatokan pada rencana penyehatan keuangan (RPK) yang harus memenuhi syarat," tutur dia.

Sementara, salah satu nasabah Kresna Life yang lain juga berharap agar hal ini tidak menjadi alasan perusahaan untuk tetap menjalankan kewajibannya melakukan pembayaran.

Baca juga: Nasabah Kresna Life Gugat OJK ke Pengadilan, Apa Saja Tuntutannya?


Ia mengungkapkan, sejak mendapatkan PKU dari OJK skema pembayaran cicilan sudah terhenti sejak Maret 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.