SIG Percepat Transformasi Digital lewat Teknologi Cloud

Kompas.com - 27/09/2022, 14:20 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bekerja sama dengan Amazon Web Services (AWS) untuk meningkatkan keandalan, fleksibilitas, dan keamanan sistem teknologi informasi dan komunikasi yang dimiliki. Kerja sama kedua pihak dalam rangka percepatan transformasi digital dengan memanfaatkan teknologi cloud.

Adapun teknologi cloud dibutuhkan SIG untuk mewujudkan inisiatif strategis. Termasuk di antaranya, teknologi komputasi, penyimpanan data, analitik, IoT dan keamanan. Juga memungkinkan pihak SIG dalam menangani kompleksitas dan skalabilitas operasional, dengan tetap menjaga performa dan keandalan.

Direktur keuangan dan manajemen risiko SIG Andriano Hosny Panangian mengatakan, transformasi digital SIG berfokus pada proses bisnis utama. Mulai dari produksi, supply chain, keuangan, pemasaran, serta penjualan.

Baca juga: Kliring Berjangka Indonesia Angkat Budi Susanto Jadi Direktur, Ini Profilnya

Aktivitas tersebut perlu didukung oleh infrastruktur teknologi yang memadai, fleksibel dan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebab pemanfaatan teknologi digital juga terakselerasi oleh dinamika pasar dan industri, terlebih adanya pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir.

"Belajar dari pengalaman tersebut, kami meyakini bahwa kemampuan untuk beradaptasi dan menganalisa data merupakan salah satu faktor penting untuk memastikan keberlangsungan dan meningkatkan daya saing perusahaan," ujar Andriano dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (27/9/2022).

"Karena itu, kami berusaha menjadikan data sebagai bagian esensial dari setiap pengambilan keputusan di seluruh kegiatan operasional perusahaan, untuk memastikan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan pelanggan lebih baik,” lanjut Andriano.

Baca juga: Prakerja Gelombang 45 Diumumkan, Ini Cara Cek Lolos Kartu Prakerja

Andriano menjelaskan, transformasi digital yang dilakukan SIG tidak hanya berhenti pada ruang lingkup internal perusahaan. Sebab transformasi digital merupakan landasan bagi SIG untuk dapat melakukan inisiatif lebih jauh dalam meningkatkan pendapatan.

Mulai dari pemberdayaan komunitas, optimalisasi jaringan distribusi dan pemasaran untuk mengakuisisi pelanggan baru. Transformasi digital yang dilakukan, juga harus dapat mendukung terlaksananya komitmen perusahaan terhadap lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan.

Group head information & communication technology SIG Anindio Daneswara menambahkan, pihaknya memanfaatkan teknologi cloud dalam melakukan standarisasi untuk menyederhanakan proses penyediaan sumber daya teknologi informasi, sekaligus meningkatkan faktor keamanan dan keandalannya.

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 46 Belum Dibuka, Simak Dulu Syarat dan Cara Daftarnya

SIG seperti dikatakan oleh Anindio, dapat menggunakan banyak pilihan teknologi yang tersedia dalam cloud. Mulai pemrosesan dan penyimpanan data, hingga pengembangan lebih jauh memanfaatkan kemampuan Data Analytics dan AI (Artificial Intelligence).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.