Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Akses Mobilitas Masyarakat, KM Sabuk Nusantara 76 Layani Rute Perintis Banggai Laut

Kompas.com - 27/10/2022, 11:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 76 bakal singgah Pelabuhan Banggai Laut, Sulawesi Tengah sebagai salah satu rute pelayaran. Penyediaan kapal milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu merupakan bagian dari program Tol Laut.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gorontalo Taher Laitupa mengatakan, pengadaan kapal perintis di daerah Banggai Laut diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat setempat.

Ia pun mengapresiasi pemda Banggai Laut yang merespons positif kehadiran KM Sabuk Nusantara 76. Menurutnya, berdasarkan evaluasi yang dilakukan di sejumlah rute yang di singgahi kapal perintis memang menunjukkan hasil yang positif.

Baca juga: Kapal Tol Laut KM Logistik Perdana Berlayar di Pelabuhan Patimban

"Evaluasi di sejumlah rute yang di singgahi kapal perintis semuanya sangat baik, dilihat dari jumlah penumpangnya dan juga angkutan bahan pokok dan angkutan lain nyaris tak mampu dilayani," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (27/10/2022).

Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa mengungkapkan, dengan adanya KM Sabuk Nusantara 76 diyakini akan memberikan banyak manfaat, seperti mobilisasi warga Banggai Laut yang banyak menempuh pendidikan di Provinsi Gorontalo. Selain itu, menjadikan akses menjadi lebih cepat dan murah.

Tak hanya itu, menurutnya, penyediaan KM Sabuk Nusantara 76 yang singgah di Pelabuhan Banggai Laut sekaligus membuka peluang besar kerja sama dengan daerah lain. Terutama dengan Gorontalo untuk saling tukar hasil bumi dan industri rumahan yang berunjung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Nantinya pun pemerintah Banggai Laut akan bersurat secara resmi kepada pemerintah Provinsi Gorontalo yang menjadi pangkalan Kapal KM Sabuk Nusantara agar menetapkan Banggai Laut sebagai rute tetap kapal perintis,” kata Sofyan.

Baca juga: KM Kendhaga Nusantara 9 Resmi Layani Trayek Baru Tol Laut

Sebagai informasi, KM Sabuk Nusantara 76 sudah beroperasi sejak akhir 2021 lalu dengan rute pelayaran R-41: Gorontalo - Luwuk - Banggai - Bacan - Ternate - Bacan - Banggai - Luwuk - Gorontalo. Maka kini, rute singgah diperluas dengan penambahan Pelabuhan Banggai Lautt.

Adapun KM Sabuk Nusantara 76 berukuran 2000 GT dengan kapasitas penumpang sebanyak 484 orang. Kehadiran kapal perintis ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di wilayah kapal tersebut beroperasi.

Penyediaan kapal perintis sendiri sebagai bagian dari program Tol Laut yang bertujuan meningkatkan konektivitas wilayah, menekan disparitas harga khususnya produk bahan prokok dan penunjang, serta meningkatkan kelancaran dan distribusi logistik, khususnya bagi masyarakat di wilayah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).

Baca juga: Kemenhub Rampungkan Pembangunan Kapal KM Sabuk Nusantara 73

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+