Ketika Gojek Bawa Nafas Baru bagi Bisnis UMKM...

Kompas.com - 30/10/2022, 20:44 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - “Berkat bergabung dengan GoFood, saya bersama istri dapat mengembangkan usaha melalui dapur rumah kami dan tidak perlu memiliki toko fisik. Selain itu, GoFood membantu usaha saya dapat lebih mudah dijangkau oleh pelanggan, sekaligus memudahkan kami mengelola usaha secara digital lewat aplikasi GoBiz," demikian curhat Mingan, pemuda asal Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, yang saat ini membuka usaha ayam goreng dengan brand Ayam Geprek Express.

Pria yang berusia 30 tahun ini adalah salah satu pelaku usaha yang sejak bergabung menjadi mitra merchant Gojek lewat ekosistem GoFood turut merasakan banyak manfaat untuk perkembangan bisnis usahanya.

Sebelumnya, pemuda yang sering disapa Mian ini, berprofesi sebagai driver ojek online Gojek pada tahun 2017. Namun saat pandemi merebak pada awal 2020, Mian sapaanya, mengalami tantangan mencari pemasukan karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca juga: Gojek Bakal Luncurkan Aplikasi yang Mudahkan Pengguna Berpindah-pindah Transportasi Umum

Nafas baru

Agar terus bisa mencukupi kebutuhan keluarganya, Mian berinisiatif membuka usaha kuliner Ayam Geprek Express dari dapur rumahnya di Cibubur, Bogor, Jawa Barat.

Perjalanan Mian dalam membangun usaha kuliner ayam geprek bukan tanpa tantangan.

“Pada awal membuka usaha Ayam Geprek Express, saya hanya memiliki modal Rp 500.000. Bermodalkan uang tersebut, saya nekat memulai bisnis pertama walaupun tidak memiliki pengalaman berbisnis sedikit pun," kata dia seperti dikutip dari siaran pers Gojek,  Rabu (3/8/2022).

"Banyak faktor yang memotivasi saya, salah satunya ketika menjadi driver online saya sering mengambil pesanan dari GoFood dan berkesempatan juga untuk berdiskusi dengan teman-teman UMKM. Dari situ, saya mulai yakin untuk membangun usaha kuliner bersama istri,” sambung Mian.

Baca juga: Gunakan Motor Listrik, Driver Gojek Bisa Hemat Rp 700.000 Per Bulan


Sejak hari pertama Ayam Geprek Express beroperasi di tengah pandemi tahun 2020, Mian telah mendaftarkan usahanya di layanan pesan antar makanan online GoFood dan berhasil mendapatkan 3 pesanan pertama secara online.

Berawal dari keberhasilannya, ia semakin optimistis untuk mengembangkan usahanya.

Kini setelah hampir dua tahun berprofesi sebagai pengusaha kuliner, Mian membuktikan perkembangan positif dengan mampu membuka 3 merek usaha kuliner lainnya yang bernama Ayam Bakar Djotosz Express, Ayam Goreng Sreeng Express dan Ikan Bakar Djueet Express. Baginya, Gojek memberikan "nafas baru" untuk usahanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.