Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2022, 07:08 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber Antara

NEW YORK, KOMPAS.com - Wall Street berakhir menguat pada perdagangan yang fluktuatif Jumat (18/11/2022) waktu setempat (Sabtu pagi WIB).

Investor mencerna data ekonomi terbaru dan mengabaikan komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve (Fed) tentang kenaikan suku bunga.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup menguat 199,37 poin atau 0,59 persen, pada 33.745,69. Indeks S&P 500 bertambah 18,78 poin atau 0,48 persen, menjadi 3.965,34. Indeks Komposit Nasdaq naik tipis 1,10 poin atau 0,01 persen, ke posisi 11.146,06.

Adapaun untuk sepekan ini, Dow Jones turun kurang dari 0,01 persen, Indeks S&P 500 terkoreksi 0,7 persen, dan Indeks Nasdaq melemah 1,6 persen.

Baca juga: Mengapa Amerika Serikat Kurang Berminat Membangun Kereta Cepat?

Keuntungan pasar terjadi meskipun banyak data ekonomi yang lesu. National Association of Realtors melaporkan Jumat (18/11/2022) bahwa penjualan rumah yang ada (existing home) di AS turun 5,9 persen pada Oktober, turun selama sembilan bulan berturut-turut, karena lonjakan suku bunga KPR dan harga tinggi mendorong pembeli keluar dari pasar.

Sementara The Conference Board yang berbasis di New York mengatakan Indeks Ekonomi Utama AS turun selama delapan bulan berturut-turut pada Oktober, "menunjukkan ekonomi mungkin dalam resesi."

Pemimpin The Fed Boston Susan Collins mengatakan bahwa dengan sedikit bukti tekanan harga berkurang, The Fed mungkin perlu memberikan kenaikan suku bunga 75 basis poin lagi ketika berupaya mengendalikan inflasi.

Pada Kamis (17/11/2022) Presiden The Fed St Louis James Bullard memicu penurunan ekuitas ketika dia mengatakan bank sentral AS perlu terus menaikkan suku bunga karena pengetatannya sejauh ini "hanya berdampak terbatas pada inflasi yang diamati."

Baca juga: IHSG Ditutup Menguat, GOTO Naik 3,74 Persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com