Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Turun, Harga Minyak Mentah Berada di Level 80-an Dollar AS

Kompas.com - 19/11/2022, 07:31 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber Antara

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak turun sekitar dua persen pada akhir perdagangan Jumat (18/11/2022) waktu setempat (Sabtu pagi WIB), sehingga mencatat penurunan mingguan kedua.

Turunnya harga emas hitam ini didorong oleh kekhawatiran tentang melemahnya permintaan di China dan kenaikan suku bunga AS lebih lanjut.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Januari menetap di 87,62 dollar AS per barrel, merosot 2,16 dolar AS atau 2,4 persen di London ICE Futures Exchange.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember turun 1,56 dollar AS atau 1,9 persen, ditutup pada 80,08 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange.

Baca juga: Masalah Geopolitik dan Permintaan Dorong Harga Minyak Dunia Anjlok

Kedua kontrak acuan membukukan kerugian mingguan, dengan Brent turun sekitar 9,0 persen dan WTI sekitar 10 persen.

Dollar AS yang lebih kuat, membuat minyak menjadi lebih mahal bagi pembeli non-Amerika.

Struktur pasar dari kedua kontrak acuan minyak bergeser dengan cara yang mencerminkan berkurangnya kekhawatiran pasokan.

Harga minyak mentah mendekati rekor tertinggi awal tahun ini karena invasi Rusia ke Ukraina menambah kekhawatiran tersebut. Selain itu, kontrak berjangka bulan depan melonjak ke premi yang sangat besar dibandingkan kontrak yang jatuh tempo, sebuah sinyal bahwa orang khawatir tentang ketersediaan minyak segera dan bersedia membayar mahal untuk mengamankan pasokan.

Kekhawatiran pasokan itu memudar. Kontrak WTI saat ini sekarang diperdagangkan dengan diskon untuk bulan kedua, struktur yang dikenal sebagai <em>contango</em>, untuk pertama kalinya sejak 2021, menurut data Refinitiv Eikon.

Kondisi ini juga akan menguntungkan mereka yang ingin menyimpan lebih banyak minyak di persediaan untuk nanti, terutama dengan stok yang masih rendah.

"Semakin dalam contango, semakin besar kemungkinan pasar akan menyimpan barel tersebut," kata Direktur Energi Berjangka Mizuho,&nbsp;Bob Yawger, di New York.

Brent masih dalam struktur yang berlawanan, mundur, meskipun premi Brent terdekat atas pemuatan barel dalam enam bulan turun serendah 3 dolar AS per barel, terendah sejak April.

China, yang menurut sumber ingin memperlambat impor minyak mentah dari beberapa sumber, telah mengalami peningkatan kasus Covid-19, sementara harapan untuk kenaikan suku bunga AS yang tidak terlalu agresif telah dipatahkan oleh pernyataan dari beberapa pejabat Federal Reserve.

"Situasi di China dengan Covid terus menghantui pasar ini," kata John Kilduff, mitra di Again Capital LLC di New York.

"Begitu banyak optimisme diperkirakan di pasar segera setelah mereka mencoba mengatakan bahwa mereka akan dibuka kembali, tetapi kenyataan di lapangan benar-benar berlawanan dengan analisis penuh harapan itu," tambahnya.

Halaman:
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com