Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan SDM RI di Era Siber, Pandi Institute Gelar Cybertalk 2023

Kompas.com - 02/04/2023, 14:20 WIB
Aprillia Ika

Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pandi Institute menyelenggarakan Cybertalk 2023 untuk mendorong upaya mewujudkan generasi Indonesia Emas 2045.

Acara yang diadakan di Auditorium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Jumat, 31 Maret 2023 tersebut bertema "Gotong Royong Ilmu untuk Revolusi Mental di Era Siber."

Acara tersebut juga menggandeng Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK), Social Research Center (SOREC) UGM dan Symbolic.id.

"Tujuan kegiatan iniuntuk memberikan ilmu serta awareness mengenai perkembangan teknologi informasi yang sedang berkembang di dunia maupun di Indonesia sehingga masyarakat dapat siap dalam menghadapinya baik dari segi mental maupun kemampuan,” kata Yudho Giri Sucahyo, Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) melalui keterangannya, Minggu (02/04/2023).

Baca juga: Tantangan Keamanan Siber yang Dihadapi Perusahaan di Indonesia

Dalam acara ini, Pandi menyuguhkan berbagai topik bertemakan teknologi informasi dan mengundang berbagai narasumber yang memiliki keahlian pada bidang tertentu.

"Harapan dari adanya kegiatan ini, Pandi Institute dapat turut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan program Indonesia Emas 2045 pilar pertama yaitu Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, yang tentunya akhirnya mampu melahirkan talenta-talenta teknologi dan digital kebanggaan bangsa Indonesia,” terang Yudho.

Baca juga: Kemenaker: BUMN Bisa Jadi Aktor Penting Terwujudnya Indonesia Emas di 2045

Sejumlah narasumber Cybertalk 2023 antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Rektor UGM Ova Emilia, Deputi V Kemenko PMK Didik Suhardi, Direktur Symbolic.id Noe Letto, Dosen dan Peneliti SOREC Falikul Isbah, serta Ade Siti Barokah dari The Asia Foundation sebagai moderator.

Sebagai informasi, Perkumpulan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sebagai Registri Tingkat Tinggi Nama Domain Indonesia (.id) atau Country Code Top Level Domain (ccTLD) didirikan pada tahun 2006. Jumlah Nama Domain .ID juga telah bertumbuh menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara yaitu sebanyak 726.294 nama domain .ID per 31 Desember 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com