Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Jakarta-Surabaya Delay, Dirut Garuda Minta Maaf

Kompas.com - 08/04/2023, 13:25 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan permintaan maaf atas keterlambatan (delay) penerbangan pesawat Garuda GA 322 rute Jakarta-Surabaya pada Kamis (6/3/2023).

Adapun pesawat Garuda GA 322 rute Jakarta-Surabaya dijadwalkan akan berangkat pada pukul 08.35 dari Bandara Internasional Soekarno Hatta. Namun, pesawat baru bisa melakukan perjalanan pada pukul 11.51 waktu setempat.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang tersebut," kata Irfan dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (8/4/2023).

Baca juga: Delay Penerbangan Samarinda-Surabaya Akibat Pecah Ban, Bos Super Air Jet Minta Maaf

Irfan mengatakan, keberangkatan pesawat GA 322 tersebut ditunda setalah Pilot In Command (PIC) melakukan pengecekan kondisi kelayakan terbang pesawat ketika akan bersiap push back.

Saat itu, kata dia, diketahui terdapat kendala teknis yang menyebabkan pesawat harus melalui pengecekan secara menyeluruh.

"Prosedur pemeriksaan kondisi pesawat menjadi bagian dari komitmen kami guna memastikan seluruh penerbangan Garuda Indonesia dalam kondisi layak terbang sejalan dengan visi kami untuk senantiasa mengedepankan aspek safety pada seluruh lini operasional penerbangan," ujarnya.

Irfan mengatakan, proses pemeriksaan tersebut berjalan sesuai prosedur, kemudian pesawat dinyatakan layak terbang pada pukul 09.28 local time, di mana prosedur pemeriksaan penumpang pesawat dengan kondisi temperatur dalam kabin normal.

Ia mengatakan, setelah pesawat bersiap untuk kembali push back, PIC penerbangan GA 322 mendapatkan Informasi dari otoritas penerbangan (Notam) di Bandara Juanda bahwa pesawat harus menunggu beberapa waktu sebelum dapat melanjutkan perjalanan.

"Hal ini yang menyebabkan pesawat baru dapat melanjutkan perjalanan pada pukul 11.51 local time dengan membawa 112 penumpang," tuturnya.

Lebih lanjut, Irfan mengatakan, keterlambatan penerbangan pesawat Garuda tersebut akan menjadi catatan penting untuk meningkatkan aspek layanan, operasional, dan kenyamanan penumpang.

Baca juga: Lebih Murah Mana Mudik Jakarta-Surabaya dengan Kereta Api, Pesawat, Mobil, atau Bus?

Ia mengatakan, telah berkoordinasi dengan otoritas penerbangan untuk memastikan tindak lanjut kendala operasional penerbangan tersebut agar ditangani lebih lanjut.

"Garuda Indonesia juga telah menerapkan service recovery bagi penumpang yang terdampak khususnya berupa fleksibilitas penyesuaian perjalanan bagi mereka yang memutuskan tidak melanjutkan penerbangan," ucap dia.

Adapun beredar kabar bahwa penerbangan pesawat Garuda GA 322 rute Jakarta-Surabaya pada Kamis (6/3/2023) mengalami keterlambatan atau delay dan tidak ada penjelasan dari pilot atau pihak maskapai. Selain itu, dikabarkan penumpang yang berada di dalam pesawat mengeluhkan AC mati.

Baca juga: Garuda-Citilink Siapkan 1,2 Juta Kursi Selama Ramadhan-Lebaran 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com