Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda-Citilink Siapkan 1,2 Juta Kursi Selama Ramadhan-Lebaran 2023

Kompas.com - 02/04/2023, 18:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bersama anak usahanya, Citilink, menyiapkan sekitar 1,2 juta kursi untuk penerbangan domestik dan internasional selama arus mudik dan balik Lebaran pada 15-30 April 2023.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, upaya optimalisasi kapasitas penerbangan tersebut dilakukan melalui pengoperasian pesawat berbadan lebar (wide body) hingga peningkatan frekuensi penerbangan terutama pada rute-rute dengan permintaan tinggi.

Dia merincikan, komposisi ketersediaan kursi Garuda Group tersebut terdiri dari 518.856 kursi yang akan disediakan oleh Garuda Indonesia dengan mengoperasikan sejumlah pesawat wide-body, di antaranya Airbus A330-900, Airbus A330-300, dan Boeing 777-300ER.

Baca juga: Cara Beli Tiket Pesawat di Livin by Mandiri

Sementara, Citilink akan mempersiapkan 722.080 kursi yang akan dilayani di antaranya dengan armada Airbus A320-200.

"Ini merupakan wujud komitmen Garuda Indonesia sebagai national flag carrier beserta dengan anak usaha, Citilink untuk senantiasa menjadi garda terdepan dalam memastikan kelancaran, kenyamanan dan keselamatan mobilisasi masyarakat selama musim mudik lebaran tahun ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (2/4/2023).

Ketersediaan kursi penerbangan Garuda Indonesia Group di periode Lebaran tahun ini mencatatkan peningkatan signifikan hingga mencapai 45 persen dibandingkan dengan periode peak season di 2022.

Baca juga: Kemenhub Temukan Tiket Pesawat Dijual Kemahalan, Maskapai Dikenai Sanksi

Penerbangan high demand

Adapun kapasitas penerbangan Garuda Indonesia akan dioptimalkan di sejumlah rute yang memiliki high demand di antaranya adalah seperti Jakarta-Padang, Jakarta-Semarang, Jakarta-Solo, Jakarta-Yogyakarta, dan Jakarta–Denpasar.

Langkah tersebut turut diselaraskan dengan peningkatan frekuensi penerbangan internasional baik untuk tujuan Singapura, Amsterdam, Seoul hingga Bangkok.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com