Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kemacetan, Kemenhub Minta Masyarakat Berangkat Lebih Awal ke Bandara, Pelabuhan dan Stasiun

Kompas.com - 19/04/2023, 17:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi malam hari ini, Rabu (19/4/2023). Hal ini tentu akan menyebabkan kepadatan di banyak ruas jalan sehingga pemudik yang menuju bandara, pelabuhan, terminal, dan stasiun menjadi terhambat perjalanannya.

Untuk itu, Ketua Posko Harian Angkutan Lebaran Terpadu 2023 Danto Restyawan mengimbau agar pemudik yang ingin menuju sarana transportasi umum tersebut untuk melakukan perjalanan lebih awal.

"Hindari kalau mau ke tempat-tempat ini saja kayak terminal, stasiun, jangan dipepet-pepetin waktunya," ujarnya kepada awak media di Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Rabu (19/4/2023).

Baca juga: Jadi Penyebab Macet dan Kecelakaan, Kemenhub Imbau Pengguna Jalan Tol Tidak Parkir di Bahu Jalan

Dia menyarankan jika pemudik ingin ke Bandara, pelabuhan, terminal, dan stasiun agar berangkat minimal tiga jam sebelum keberangkatan.

Perencanaan waktu tempuh perjalanan ke bandara, pelabuhan, terminal, atau stasiun ini wajib dilakukan agar pemudik tidak tertinggal dari transportasi umum yang tiketnya sudah dibeli.

"3 jam sebelumnya udah berangkat lah. Kalau rumah di Bekasi 4 jam, kalau di Jakarta 3 jam," ucapnya.

Baca juga: Update Arus Mudik di Tol Jakarta-Cikampek, Kepadatan Terjadi di Sejumlah Titik

Hal serupa juga pernah diungkapkan oleh VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus yang mengimbau seluruh pengguna kereta api agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju ke stasiun keberangkatan. Hal ini sebagai upaya agar tidak tertinggal keretanya. 

"Mengingat kepadatan jalan raya yang cenderung semakin meningkat di momen mudik Lebaran seperti saat ini. Kami menghimbau agar pelanggan tetap dapat menggunakan kereta api sebagai moda transportasi untuk pulang ke kampung halaman, bisa mengantur waktu keberangkatan dari rumah menuju stasiun keberangkatan," kata Joni dalam keterangan tertulis, Minggu (16/4/2023).

Baca juga: Kemenhub Prediksi Puncak Arus Mudik Baru Terjadi Malam Ini atau Besok Pagi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com