Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Jabodebek Harap Izin Operasional Terbit Selambatnya 10 Juli

Kompas.com - 06/07/2023, 19:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang uji coba terbatas atau soft launching LRT Jabodebek 12 Juli 2023, izin operasional dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih belum juga terbit.

Manager Public Relations Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo berharap izin operasional ini terbit setidaknya 10 Juli mendatang agar uji coba dengan penumpang dapat dilaksanakan sesuai jadwal.

"Kita berharap paling lambat Senin tanggal 10 sudah ada izin," ujarnya kepada wartawan saat trial run LRT Jabodebek, Kamis (6/7/2023).

Baca juga: Simak Cara Daftar Uji Coba LRT Jabodebek Rp 1 Terbaru

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Mohamad Risal Wasal memastikan izin operasi LRT Jabodebek akan terbit pekan depan.

Izin operasi ini harus segera terbit agar uji coba operasi secara terbatas atau soft launching LRT Jabodebek dapat dilakukan 12 Juli 2023.

"Keluar sebentar lagi. Minggu depan deh," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Baca juga: Uji Coba LRT Jabodebek, dari Dukuh Atas ke Jati Mulya Bekasi Hanya 48 Menit


Risal bilang, saat ini Kemenhub tengah melakukan pengujian pada sarana, prasarana, hingga sumber daya manusia LRT Jabodebek.

Pengujian dilakukan sebelum menerbitkan izin untuk memastikan aspek keselamatan LRT Jabodebek terpenuhi.

"Sepanjang LRT Jabodebek lulus uji dan memang lulus dan memenuhi persyaratan untuk uji coba operasi, kita keluarkan," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com