Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Jabodebek Akhirnya Diresmikan Presiden Jokowi, Dana yang Dihabiskan Rp 32,6 Triliun

Kompas.com - 28/08/2023, 09:32 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Widodo) meresmikan LRT Jabodebek pada pagi ini, Senin (28/8/2023) di Stasiun Cawang, Jakarta Timur.

Presiden memulai rangkaian acara peresmian dengan melakukan perjalanan menggunakan LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun Cawang pada pukul 08.25 WIB. Terpantau di dalam kereta Presiden didampingi oleh istrinya, Iriana.

Selain Presiden, sejumlah pejabat juga mengikuti perjalanan ini, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo. Seluruhnya kompak memakai kemeja putih dan celana bahan berwarna hitam.

Baca juga: LRT Jabodebek Resmi Beroperasi Hari Ini, Dibuka untuk Publik Pukul 14.00 WIB dengan Tarif Promo

Jokowi dan rombongan tiba di Stasiun Cawang pada pukul 08.51 WIB dan langsung memulai acara peresmian.

Presiden Jokowi mengatakan, dengan beroperasinya LRT Jabodebek diharapkan dapat mendorong peralihan penggunaan transportasi pribadi menjadi transportasi umum sehingga kemacetan di DKI Jakarta dapat berkurang.

"Hari ini alhamdulillah LRT juga sudah siap dioperasikan baik dari Harjamukti Cibubur dan dari Bekasi ke Jakarta sepanjang 41,2 km dan menghabiskan anggaran Rp 32,6 triliun. Kita harapkan masyarakat berbondong-bondong beralih ke LRT baik dari Cibubur ke sekitarnya dan Bekasi sekitarnya," ujarnya saat meresmikan LRT Jabodebek di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Senin (28/8/2023).

Jokowi bilang, DKI Jakarta selama ini menjadi satu dari 10 kota termacet di dunia. Pasalnya, setiap harinya sebanyak 996.000 kendaraan masuk ke Jakarta sehingga menimbulkan kemacetan dan polusi udara.

"Oleh sebab itu macet, polusi, juga slelalu ada di Jakarta. Oleh sebab itu mengapa di bangun MRT, LRT, KRL, Transjakarta, BRT, KA Bandara agar masyarakat kita semua beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal," ucapnya.

Baca juga: Segera Beroperasi, Simak Titik Kantong Parkir LRT Jabodebek

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut, dengan beroperasinya LRT Jabodebek ini akan melengkapi integrasi moda transportasi di Jakarta dan sekitarnya.

"Setelah kita mulai MRT, kini kita meresmikan LRT lalu saat ini kita akan mencoba meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung," kata Budi.

Sebagai informasi, setelah acara peresmian di Stasiun LRT Cawang, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Stasiun Dukuh Atas.

Setelah diresmikan Presiden, masyarakat bisa mulai menggunakan LRT Jabodebek mulai pukul 14.00 WIB dengan tarif promo Rp 5.000 flat di seluruh lintas pelayanan

"Kita harapkan operasi hari ini berjalan aman dan nyaman," tutur Menhub.

Baca juga: Pahami, Ini Cara Naik LRT Jabodebek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com