Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Trainset Perawatan, LRT Jabodebek Batalkan 28 Perjalanan hingga Beberapa Hari ke Depan

Kompas.com - 18/10/2023, 16:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LRT Jabodebek membatalkan 28 perjalanan kereta mulai Rabu (18/10/2023) hingga beberapa waktu ke depan lantaran 15 dari 29 rangkaian kereta (trainset) LRT Jabodebek mengalami perawatan.

Adapun sebelum pembatalan ini, LRT Jabodebek mengoperasikan 16 trainset untuk melayani 234 perjalanan per hari. Dengan adanya perawatan 15 trainset, maka LRT Jabodebek hanya mengoperasikan 14 trainset atau kurang 2 trainset dari kondisi normal.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, sejumlah rangkaian LRT memang tengah memasuki masa perawatan saat ini. Hal ini dilakukan untuk memastikan perjalanan LRT Jabodebek aman dan nyaman.

Pada masa perawatan ini mengharuskan sejumlah sarana kereta tidak dapat dioperasikan sampai perawatan selesai dilaksanakan.

Baca juga: LRT Jabodebek Sempat Gangguan, Sempat Terjadi Penumpukan Penumpang dan Keterlambatan Perjalanan

Adapun perawatan yang dilakukan yaitu, 13 trainset harus melakukan bubut roda untuk memastikan kondisi roda sesuai dengan apa yang menjadi syarat perjalanan LRT Jabodebek, sedangkan 2 trainset sarana mengalami gangguan pada integrasi sistem persinyalan.

"Keamanan menjadi prioritas bagi operasional LRT Jabodebek, untuk itu kami dengan terpaksa menghentikan operasi sejumlah trainset untuk dilakukan perawatan sesuai dengan jadwal perawatan yang ada," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (18/10/2023).

Pembatalan sejumlah perjalanan LRT Jabodebek ini mengakibatkan headway atau jarak kedatangan antar kereta menjadi lebih panjang.

Baca juga: Tata Cara Naik LRT Jabodebek

Oleh karenanya, dia menyatakan, pihak LRT Jabodebek memohon maaf kepada para penumpang atas gangguan perjalanan dan pelayanan Kereta api yang terjadi.

"Saat ini kami bersama seluruh stakeholders tengah berupaya semaksimal mungkin agar proses perawatan dapat dengan segera terselesaikan, sehingga operasional perjalanan LRT Jabodebek kembali normal," ucapnya.

Baca juga: Saldo Minimum KMT dan E-money untuk Naik LRT Jabodebek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com