Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peremajaan Armada, KAI Commuter Gandeng INKA Retrofit 19 Trainset KRL

Kompas.com - 04/11/2023, 07:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA resmi mengerjakan retrofit 19 rangkaian kereta (trainset) KRL milik PT KAI Commuter Indonesia. 

Pengerjaan peremajaan KRL ini ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja sama pekerjaan retrofit sarana KRL sebanyak 19 trainset oleh Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto dan Direktur Operasi PT INKA (Persero) I Gede Agus Prayatna pada Jumat, (3/11/2023) di Madiun.

Adapun nilai kontraknya sebesar Rp 9,8 miliar per kereta, di mana satu trainset terdiri dari 12 kereta. Dengan demikian, nilai kontrak untuk retrofit 19 trainset ini sekitar Rp 2,23 triliun.

Baca juga: Kecepatan KRL Naik mulai 1 November, Waktu Tempuh Bogor-Manggarai Bisa Lebih Cepat 12 Menit

KRL Commuter Line. Wikimedia Commons KRL Commuter Line.
Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto mengatakan, pengerjaan retrofit 19 trainset ini akan dilakukan secara bertahap selama 2023-2026.

Untuk tahun ini, KAI Commuter akan melakukan proses retrofit sebanyak 4 trainset yang terdiri dari 3 trainset seri Metro 05 dan 1 trainset seri Metro 6000. Adapun waktu proses retrofit akan membutuhkan waktu selama 13 sampai 15 bulan.

"Dalam peremajaan sarana KRL, KAI Commuter akan melakukan proses retrofit sebanyak 19 rangkaian secara bertahap selama lima tahun ke depan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (3/11/2023).

Pada proses retrofit atau peremajaan KRL ini pun KAI Commuter telah mengantongi perizinannya dari pihak regulator. Asesmen terkait spesifikasi teknologi retrofit juga sudah ditetapkan melalui kegiatan-kegiatan FGD bersama pihak-pihak terkait.

Baca juga: Sebanyak 11 Perjalanan KRL Jabodetabek Sempat Terdampak Gangguan Persinyalan

Selanjutnya, KAI Commuter akan siap mengirimkan rangkaian kereta yang akan dilakukan proses retrofit ke INKA.

Percepatan dalam proses retrofit antara KAI Commuter dengan INKA juga terus dilakukan lantaran saat ini total pengguna Commuter Line Jabodetabek hampir 950.000 orang per hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com