Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promo Pemilu 2024 Bikin Omzet Ritel Naik hingga 10 Kali Lipat

Kompas.com - 21/02/2024, 11:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Fetty Kwartati mengatakan, aneka promo dan diskon yang menyemarakkan Hari Pencoblosan Pemilu 2024 meningkatkan omzet industri ritel 3-10 kali lipat.

Ia mengatakan, program Klingking Fun yang digelar Hippindo pada 14 Februari lalu terlihat sangat efektif meningkatkan omzet di pusat-pusat perbelanjaan.

"Ini sangat berdampak, naik omzet 3-10 kali lipat di hari tersebut," kata Fetty saat dihubungi Kompas.com, Rabu (21/2/2024).

Baca juga: Simak Rute dan Harga Promo AirAsia Kursi Gratis dan Terbang Hemat 2024

Fetty mengatakan, sektor yang paling banyak diserbu pada 14 Februari lalu adalah makanan dan minuman (food and beverage/F&B). Kemudian disusul hiburan, dan fesyen.

"Kalau diurut itu adaalah sektor F&B, bioskop fun world, dan fesyen," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, semarak promo dan diskon tersebut diharapkan dapat menekan jumlah pemilih golput dalam Pemilu 2024.

Baca juga: Siap-siap, BCA Bakal Tebar Promo di HUT Ke-67

Sebelumnya, Klingking Fun merupakan program yang diinisiasi oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Program ini hadir sebagai upaya untuk meningkatkan minat masyarakat berpartisipasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu). Mulanya sudah dilaksanakan pada masa Pemilu 2019 dan akan diterapkan kembali pada Pemilu 2024.

Sistemnya, bagi masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara, akan mendapatkan diskon belanja. Diskon tersebut berlaku di hotel, restoran, dan di tempat-tempat rekreasi.

Baca juga: Ada IIMS 2024, Simak Sederet Promo Adira Finance Berikut

"Mudah-mudahan (program) ini bisa mengangkat konsumsi (masyarakat), karena ekonomi kita di-drive oleh konsumsi," kata Sandiaga.

Sementara itu, Ketua Umum APINDO, Shinta W Kamdani menambahkan bahwa selain menekan angka pemilih golput (golongan putih), program ini juga terbukti efektif meningkatkan angka transaksi masyarakat di pusat-pusat perbelanjaan sekitar tiga sampai 10 kali lipat saat pemilu.

"Dengan tintanya itu seseorang bisa ke mal-mal, berbelanja, dan mendapatkan diskon khusus. Selain menurunkan angka golput, kita juga bisa meningkatkan angka transaksi belanja saat pemilu," ujar Shinta dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (5/2/2024).

Masyarakat yang hendak mendapatkan diskon cukup memperlihatkan tinta di jari kelingking sebagai bukti telah menyalurkan hak pilihnya saat Pemilu.

Baca juga: Promo Makanan dan Minuman Saat Pemilu 2024, dari Kopi Kenangan, Hokben, hingga Bakmi GM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com