Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bawang Putih Mulai Naik, Kemendag Ungkap Penyebabnya

Kompas.com - 27/03/2024, 12:18 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim tak menampik harga bawang putih sudah mulai naik.

Dia menyebutkan, kenaikan harga barang putih per hari ini sudah mencapai 5,4 persen jika dibandingkan dengan harga bulan lalu. 

“Yang perlu mendapat perhatian adalah bawang putih karena ada kenaikan 5,4 persen dibandingkan bulan yang lalu,” ujarnya dalam Dialog Publik dengan Tema Memastikan Ketersediaan dan Keterjangkauan Harga Pangan Jelang dan Pasca Lebaran di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Baca juga: Ada Maladmistrasi Pelayanan RIPH Bawang Putih, Ini Rekomendasi Ombudsman

Ilustrasi bawang putih. SHUTTERSTOCK/BRANKO JOVANOVIC Ilustrasi bawang putih.

Kenaikan harga ini dijelaskan Isy karena didorong adanya kenaikan harga bawang putih di negara pengimpor seperti Tiongkok.

Adapun ketersediaan stok bawang putih di Indonesia sejauh ini mayoritas ditopang oleh impor lantaran Indonesia belum bisa memproduksi bawang putih sendiri.

Bawang putih ini kan lebih dari 90 persen impor jadi begitu terjadi kenaikan sumbernya diimpor di khususnya di Tiongkok ini bawang putih mengalir kenaikan sehingga di dalam negeri juga terjadi kenaikan,” jelasnya.

Namun untuk stoknya sendiri, Isy menjamin dalam keadaan yang aman lantaran Kementerian Perdagangan sudah mengeluarkan izin impor bawang putih sebesar 650.000 ton. Sementara realisasi impornya masih terus berjalan.

 

Baca juga: Ombudsman Beberkan Sengkarut Impor Bawang Putih

“Tapi ini secara kasat mata di pasar-pasar tradisional itu bawang putih tersedia dalam jumlah yang cukup,” pungkasnya.

Sementara itu mengutip dari harga panel Badan Pangan Nasional, harga bawang putih per hari ini, Rabu (27/3) naik sebesar Rp 220 dibandingkan harga kemarin menjadi Rp 41.750 per kilogram.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com