Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Infra Group Bakal Diskon Tarif Tol Saat Lebaran 2024, Ini Bocoran Rutenya

Kompas.com - 29/03/2024, 09:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Infra Group berencana menerapkan diskon tarif tol sekitar 10 persen dari tarif normal selama periode Lebaran 2024.

Ketua Gugus Tugas Lebaran Astra Infra 2024 Rinaldi mengatakan, detail pelaksanaan diskon tarif tol ini masih dalam pembahasan sehingga belum dapat dipastikan besaran diskon dan rute jalan yang bakal dikenakan diskon.

Meski demikian, dia memberikan beberapa bocoran terkait ruas yang kemungkinan akan diberikan diskon tarif, yaitu Tol Tangerang-Merak, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), dan Tol Jombang-Mojokerto.

Sementara untuk besaran diskonnya sekitar 10 persen namun tentu dalam pelaksanaannya akan ada perbedaan pada tiap ruasnya karena mempertimbangkan karakteristik jumlah kendaraan harian di masing-masing ruas.

"Besarannya kira-kira 10 persen, mirip dengan tahun kemarin. Di Tangerang-Merak kalau enggak salah sekitar 10 persen. Paling tinggi jumlah hariannya Tangerang-Merak," ujarnya saat ditemui di Menara Astra, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Baca juga: Mudik Lebaran 2024, Bocoran BPJT: Ada Diskon Tarif Tol Maksimal 20 Persen

Dia juga belum dapat memastikan apakah periode penerapan diskon tarif tol Lebaran 2024 akan berlangsung selama 2-3 hari berturut-turut seperti Lebaran sebelumnya.

Dari Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) juga belum merekomendasikan tanggal-tangal arus mudik dan balik Lebaran 2024 untuk diberlakukan diskon tarif tol.

Yang jelas, jika detail pelaksanaan diskon tarif tol telah rampung, Astra Infra Group akan mengumumkan secepatnya.

"Secapatnya, nanti diumumkan. Enggak koordinasi dengan ATI, BUJT punya kewenangan sendiri. Masing-masing punya independensi untuk melakukan kebijakan," tuturnya.

Baca juga: Mudik Lebaran 2024 Bakal Ada Diskon Tarif Tol? Ini Bocoran dari Jasa Marga

 


Sebagai informasi, diskon tarif tol diberikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) agar dapat mengurai kepadatan lalu lintas saat arus puncak mudik dan balik Lebaran 2024.

Pasalnya, dengan diskon tarif yang biasanya diterapkan di luar tanggal puncak mudik, maka masyarakat akan melakukan perjalanan lebih cepat dari arus puncak.

Pada Lebaran 2023, Astra Infra Group memberikan diskon tarif tol mencapai 20 persen pada ruas jalan Tol Tangerang-Merak.

Adapun periode pemberlakuan diskon tarif 20 persen di ruas Cikupa-Merak Tol Tangerang-Merak berlaku mulai 16 April 2023 jam 06.00 WIB sampai 18 April 2023 jam 06.00 WIB.

Sementara, untuk periode arus balik berlaku mulai 27 April 2023 jam 06.00 WIB sampai 28 April 2023 jam 06.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com