Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran 2024, Bocoran BPJT: Ada Diskon Tarif Tol Maksimal 20 Persen

Kompas.com - 28/03/2024, 19:09 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Masyarakat Tulus Abadi mengungkapkan besaran diskon tarif tol saat periode Lebaran 2024 ialah maksimal 20 persen dari tarif yang berlaku.

Tulus bilang, untuk penerapannya tergantung dari kebijakan masing-masing Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang nantinya akan diumumkan kepada publik maksimal H-7 Lebaran 2024.

"Asosiasi Tol Indonesia (ATI) sudah berkirim surat kepada Menteri PUPR untuk menginformasikan bahwa akan ada diskon tarif kisarannya maksimum 20 persen dari yang ada," ujarnya saat ditemui di Menara Astra, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Baca juga: Cara Cek Tarif Tol secara Online Lewat Google Maps

Tulus menyatakan, diskon tarif tol ini khususnya untuk jalan Tol Trans Jawa mulai dari ruas Tangerang-Merak sampai Batang-Semarang atau Kalikangkung.

Pasalnya diperkirakan kemacetan di ruas Tol Trans Jawa setelah Kalikangkung sudah terurai sehingga BUJT menilai tidak perlu lagi diberikan diskon tarif tol.

"Kelihatannya sampai Kalikangkung, karena setelah kali Kalikangkung kondisinya sepi tidak berani mmeberikan diskon. Artinya trafiknya, revenuenya juga kecil," ucapnya.

Diharapkan dengan adanya pemberian diskon tarif tol ini, masyarakat akan melakukan perjalanan mudik maupun balik di luar tanggal puncak arus sehingga kemacetan saat puncak arus mudik dapat berkurang.

Sebelumnya, pemerintah akan memberikan diskon tarif jalan tol pada masa mudik Lebaran 2024.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

"Insya Allah ada," kata Basuki.

Adapun diskon tarif tol berfungsi untuk mengurai kepadatan lalu lintas yang terjadi pada tanggal-tanggal tertentu mudik.

"Karena kalau diskon itu juga untuk mengatur traffic, tanggal-tanggalnya diskon itu mengatur traffic," lanjut Basuki.

Baca juga: Tarif Tol Cibitung-Cilincing Didiskon Saat Lebaran 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com