Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di Seluruh ATM BRI

Kompas.com - 29/03/2024, 15:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank DKI dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memperluas layanan keuangan digital dengan dukungan teknologi dari PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin).

Direktur Komersial Jalin, Eko Dedi Rukminto, menjelaskan fitur Cardless Cash Withdrawal (CCW) ini memungkinkan nasabah Bank DKI untuk melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu di ribuan ATM BRI yang tersebar di seluruh Indonesia melalui layanan unggulan yang disediakan oleh Jalin.

"Langkah ini mendukung interkoneksi dan interoperabilitas antara Bank DKI dan BRI untuk memperluas akses layanan keuangan," kata Eko dalam keterangan tertulis, Jumat (29/3/2024).

Baca juga: Catat, Ini 15 Kantor Cabang Bank DKI yang Layani Penukaran Uang Baru

Ilustrasi ATM Bank DKI.SHUTTERSTOCK/YULIADISAJA Ilustrasi ATM Bank DKI.

Eko menambahkan, manfaat dari inisiatif ini sangat signifikan bagi kedua belah pihak. Bank DKI akan mendapatkan keuntungan dalam hal perluasan layanan kepada nasabah, peningkatan kualitas layanan yang mereka tawarkan, serta penguatan hubungan dengan nasabah yang sudah ada.

Hal ini juga memungkinkan Bank DKI untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan keunggulan kompetitifnya dalam industri perbankan sembari aktif melakukan ekspansi di luar wilayah Jabodetabek.

Sementara itu, BRI juga akan mendapat manfaat dari kemitraan ini. Dengan membuka akses tarik tunai tanpa kartu kepada nasabah Bank DKI, BRI dapat meningkatkan volume transaksi dari penggunaan layanan ATM yang dimiliki.

Adapun Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono menyatakan, kerja sama ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bertransaksi kepada nasabah Bank DKI.

Baca juga: Mau Tukar Uang Baru di Bank DKI? Simak Jadwal dan Lokasinya

"Melalui fitur Cardless Cash Withdrawal (CCW) yang diakomodasi oleh Jalin pada aplikasi JakOne Mobile, nasabah Bank DKI kini dapat dengan mudah melakukan tarik tunai tanpa kartu pada jaringan ATM BRI di seluruh Indonesia," ujar Amirul.

Eko menjelaskan, dengan mengakomodasi layanan Cardless Cash Withdrawal (CCW) dan menjalin kemitraan dengan bank, BPD serta perusahaan fintech, kami yakin dapat memperluas jangkauan layanan perbankan secara efektif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com