Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelita Air Siapkan 273.000 Kursi Selama Periode Angkutan Lebaran 2024

Kompas.com - 29/03/2024, 15:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Pelita Air menyiapkan 273.000 kursi penerbangan selama periode Angkutan Lebaran 2024 pada 3 sampai 18 April 2024.

Direktur Utama Pelita Air Service Dendy Kurniawan mengatakan, hal ini dilakukan untuk mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2024 yang diprediksi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengalami peningkatan penumpang sebesar 12 persen dibanding 2023.

"Pelita Air siap mendukung dan menyukseskan kelancaran angkutan lebaran yang selamat, aman, dan nyaman pada tahun ini dengan melakukan beberapa upaya strategis," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/3/2024).

Baca juga: Pelita Air Setelah Pertamina Berusia 66 Tahun

Ilustrasi penerbangan, tiket pesawat.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi penerbangan, tiket pesawat.

Salah satu upaya strategis yang dilakukan adalah dengan menyediakan 273.000 kursi penerbangan pada periode Angkutan Lebaran 2024.

Angka tersebut meningkat 11 persen dibanding jadwal periode reguler dengan total lebih dari 1.500 penerbangan pada periode ini atau meningkat 19 persen dibanding rata-rata penerbangan pada bulan-bulan sebelumnya.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan ketersediaan kursi penerbangan dan memberikan masyarakat pilihan penerbangan yang mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan, serta tepat waktu pada periode libur Lebaran ini di mana peningkatan trafik penumpang akan terjadi.

"Diharapkan peningkatan kapasitas penerbangan ini juga dapat membantu menjaga harga tiket penerbangan agar tetap terjangkau masyarakat yang ingin mudik ataupun liburan pada periode libur panjang Lebaran ini," ucapnya.

Baca juga: Erick Thohir: Merger Pelita Air dan Citilink untuk Tekan Harga Tiket

Peningkatan kapasitas penerbangan ini diiringi dengan penambahan frekuensi penerbangan rute Balikpapan-Surabaya mulai 3 April 2024 mendatang, penerbangan tambahan (extra flights) pada rute Jakarta-Padang-Jakarta, rute Jakarta-Denpasar-Denpasar dan rute Jakarta-Yogyakarta-Jakarta.

Selain itu, Pelita Air juga akan menambah rute baru pada periode angkutan Lebaran ini yaitu rute Jakarta-Aceh-Jakarta dan Jakarta-Kendari-Jakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com