Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Persen Anggaran Kementerian Diarahkan untuk Riset Nasional

Kompas.com - 04/03/2020, 14:29 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristek Dikti, Ismunandar mengatakan, 70 persen anggaran masing-masing kementerian/lembaga (K/L) harus digunakan untuk prioritas riset nasional.

Adapun sisa 30 persen dari anggaran, baru kemudian boleh digunakan untuk agenda masing-masing kementerian/lembaga.

"Kita harapkan setiap kementerian/lembaga 70 persen adalah untuk riset nasional. Kalau masih mempunyai agenda masing-masing hanya (gunakan sisa) 30 persen," kata Ismunandar pada acara DataSecureAI di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Baca juga: Mentan Tantang Profesor Pertanian Terapkan Hasil Riset

Ismunandar mengaku, wacana tersebut sebetulnya sudah bergulir sejak 2 tahun belakangan. Untuk itu, pihaknya berencana bakal memberlakukan arahan itu mulai tahun ini.

Lagipula, dia bilang, arahan tersebut dilakukan agar integrasi data dan riset antar kementerian/lembaga menjadi lebih baik.

"Kita diskusi sudah lama sejak 2 tahun (lalu). Tapi tahun ini kita mulai berlakukan. Dan ke depan dalam setahun ini intergrasi akan lebih baik sehingga tahun 2021 nanti sudah lebih baik," terang Ismunandar.

Kendati begitu, Ismunandar tak menjelaskan secara rinci kementerian/lembaga apa saja yang sudah menyanggupi arahan tersebut. Pasalnya, hingga kini masih dalam proses pembahasan.

"Sedang proses dan dalam pembahasan. Tunggu saja," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com