Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mitra Tokopedia, Transaksi Biaya Pendidikan, TV Kabel, E-Samsat Naik 4 Kali Lipat

Kompas.com - 13/04/2023, 14:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Head of Mitra Tokopedia Carlo Yudhistira Praditya mengatakan, berdasarkan data internal, para pengguna aplikasi Mitra Tokopedia paling banyak melakukan transaksi terkait produk digital seperti pulsa, paket data, game voucher, token listrik dan lain-lain.

Ia mengatakan, persentase pengguna produk digital lebih tinggi dibandingkan produk grosir seperti sembako dan produk fisik lainnya.

"Melihat data tersebut, kami memutuskan untuk menyesuaikan bisnis kami dengan mengeliminasi fitur pembelian Produk Grosir di aplikasi Mitra Tokopedia, dan fokus memfasilitasi individu dan pemilik usaha untuk menjual produk digital," kata Carlo dalam Media Briefing Mitra Tokopedia secara virtual, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: Tokopedia: Penjualan Busana Muslim Naik 7 Kali Lipat Selama 2 Minggu Pertama Ramadhan

Carlo mengatakan, dari data internal, transaksi biaya pendidikan, internet dan TV kabel, serta E-Samsat di Mitra Tokopedia meningkat 4 kali lipat.

Karenanya, ia mendorong agar Mitra Tokopedia fokus menjual 21 jenis produk digital dengan harga kompetitif sehingga mendapatkan penghasilan lebih.

Carlo mengatakan, 21 jenis produk digital tersebut dibagi atas tiga kategori, pertama pembelian, yang mencakup 5 produk seperti Pulsa dan Voucher Game.

Kedua, dompet digital, yang mencakup 3 produk seperti Saldo Dompet Gojek dan Top Up GoPay, dan ketiga, pembayaran, yang mencakup 13 produk seperti Tagihan Tokopedia dan PDAM.

"Penyesuaian bisnis Mitra Tokopedia ini sejalan dengan tujuan grup perusahaan Tokopedia, yaitu grup GoTo, dalam membangun bisnis yang tetap bertumbuh secara jangka panjang,” ujarnya.

Baca juga: Hadirkan ‘Ramadan in Style’, Cek Promo dan Diskon Ramadhan Tokopedia

 


Lebih lanjut, Carlo mengatakan, secara keseluruhan, transaksi produk digital di berbagai wilayah meningkat 5,5 kali lipat di Mitra Tokopedia.

Ia mengatakan, masyarakat di lebih dari 700 kota dan kabupaten di Indonesia bisa mengakses berbagai produk digital melalui individu atau pemilik usaha yang bergabung di Mitra Tokopedia.

"Biaya Pendidikan, Internet dan TV Kabel, serta E-Samsat merupakan sejumlah produk digital dengan pertumbuhan paling pesat di Mitra Tokopedia pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 4 kali lipat," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com