Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPKLU Mobile di Tol, Siap Datangi Mobil Listrik yang Habis Daya

Kompas.com - 21/04/2023, 07:45 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemudik yang menggunakan mobil listrik dengan melintasi Jalan Tol Trans Jawa tak perlu khawatir soal mengisi daya, sebab PT PLN (Persero) menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah titik.

Salah satunya, penyediaan SPKLU mobile yang bersiaga di ruas jalan tol Jawa Tengah untuk melayani pengisian daya kendaraan listrik saat keadaan darurat, terutama bagi mobil listrik yang kehabisan daya di tengah ruas jalan tol.

SPKLU mobile siap siaga di 3 titik yaitu exit Tol Bawen, exit Tol Weleri, dan exit Tol Semarang selama periode arus mudik dan arus balik pada 19 April-2 Mei 2023. SPKLU ini dapat mendatangi mobil listrik yang kehabisan daya di tengah jalur tol.

Baca juga: Daftar SPKLU Mobil Listrik di Rest Area Tol Trans Jawa

"Titik ini memang menjadi pusat lalu lintas mudik. Kami ingin pengguna kendaraan listrik dapat mudik dengan nyaman," ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangannya, Kamis (20/4/2023).

Adapun bagi pemudik dengan mobil listrik kehabisan daya di jalur tol dan membutuhkan layanan SPKLU mobile, dapat langsung menghubungi nomor telepon hotline tol 14080. Petugas tol TMJ akan menghubungi SPKLU mobile terdekat untuk melakukan pengisian daya listrik di lokasi mobil listrik berada.

SPKLU mobile tersebut merupakan inovasi terbaru PLN. Dalam pelaksanaan program ini, PLN bekerja sama dengan stakeholders terkait, yaitu Polda Jawa Tengah dan PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola jalan tol di Jawa Tengah.

Upaya penyediaan SPKLU yang mudah terjangkau ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mudik Lebaran ke kampung halaman dengan aman dan nyaman.

"Kami siapkan 3 Unit SPKLU mobile, jadi kita dapat melakukan pengisian daya dimanapun dan kapanpun," imbuh General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, A. Bargowo Wahyu Jatmiko.

SPKLU di rest area Jalan Tol Trans Jawa

Adapun PLN sendiri telah memiliki 616 SPKLU yang tersebar di seluruh di Indonesia yang tersebar di 237 lokasi, baik di kantor PLN, mal, perbankan, dan rest area.

Setidaknya, ada sebanyak 15 SPKLU tersebar di 15 rest area yang ada di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa yang dikelola PT Jasa Marga (Persero). Pemudik pun bisa mengisi daya mobil listriknya secara berkala pada sejumhlah rest area tersebut.

Berikut daftar 15 titik lokasi SPKLU yang bisa digunakan pemudik di Jalan Tol Trans Jawa:

1. Rest Area KM 519A Solo-Ngawi
2. Rest Area KM 519B Solo-Ngawi
3. Rest Area KM 389B Batang-Semarang
4. Rest Area KM 379A Batang-Semarang
5. Rest Area KM 207A Palikanci
6. Rest Area KM 208B Palikanci
7. Rest Area KM 10A Jagorawi
8. Rest Area KM 6B Jakarta-Cikampek
9. Rest Area KM 21B Jagorawi
10. Rest Area KM 13A Jakarta-Tangerang
11. Rest Area KM 456B Semarang-Solo
12. Rest Area KM 62B Jakarta-Cikampek
13. Rest Area KM 57A Jakarta-Cikampek
14. Rest Area KM 88A Cipularang
15. Rest Area KM 88B Cipularang

Baca juga: Tips agar Listrik Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com