Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jejak Properti Mewah Perusahaan Sukanto Tanoto di Singapura

Kompas.com - 28/04/2023, 15:00 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama miliarder Sukanto Tanoto tengah menjadi perbincangan publik. Hal ini menyusul aksi akuisisi pusat perbelanjaan mewah di kawasan Orchard Road Singapura melalui perusahaan Pacific Eagle Real Estate.

Dilansir dari Forbes, Pacific Eagle Real Estate menggelontorkan dana 645 juta dollar AS atau sekitar Rp 9,5 triliun untuk membeli pusat perbelanjaan yang diberi nama Tanglin Shopping Centre.

“Pusat Perbelanjaan Tanglin adalah salah satu landmark ritel paling tua di Singapura dan menempati lokasi yang sangat strategis, tepat di sebelah St. Regis Hotel di kantong Orchard Road,” kata Direktur Pacific Eagle, Sun You Ning.

Baca juga: Jejak Sukanto Tanoto, Beli Bekas Istana Raja Jerman hingga Mal Mewah Singapura

Pusat perbelanjaan itu dibangun pada tahun 1970-an. Pusat perbelanjaan ini memiliki 12 lantai dan terletak di sepanjang Jalan Tanglin dan Jalan Cuscaden.

Bukan hanya Tanglin Shopping Centre atau Tanglin Mall, Pacific Eagle Real Estate juga memiliki dua properti lain di Singapura, yakni Mondrian Singapore Duxton dan Duke's Road.

Mondrian Singapore Duxton merupakan hotel mewah yang dibangun di distrik Tanjong Pagar. Sebelumnya, perusahaan Sukanto Tanoto membeli Chinatown Plaza senilai 260 juta dollar AS untuk membangun hotel mewah itu.

"Hotel gaya hidup mewah, yang terdiri dari 300 kamar dan suite serta beberapa gerai F&B, akan menggabungkan arsitektur bersejarah dari ruko Singapura yang berusia berabad-abad dengan bangunan baru pengaruh modern dan kontemporer," tulis Pacific Eagle Real Estate, dalam situs resminya, dikutip Jumat (28/4/2023).

Baca juga: Perusahaan Milik Sukanto Tanoto Beli Mal Mewah di Orchard Road Singapura Rp 9,5 Triliun


Mondrian Singapore Duxton nantinya akan menghubungkan tiga kawasan makanan populer di Singapura, yakni Keong Saik Road, Bukit Pasoh, dan Duxton Hill. Rencananya, hotel ini akan meluncur pada Juni mendatang.

Sementara itu, Duke's Road merupakan kawasan properti hunian yang terletak tidak jauh dari situs warisan UNESCO, Botanic Gardens. Kawasan ini memiliki potensi pengembangan hingga 5.000 meter persegi.

Kawasan hunian mewah ini berada di lokasi utama di Jalan Bukit Timah. Lokasinya hanya berjarak 10 berkendara dari pusat perbelanjaan Orchard Road.

Baca juga: Menyingkap Sosok Sukanto Tanoto, Raja Sawit RI yang Kendalikan Bisnisnya dari Singapura

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com