Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal I-2023, Pendapatan Bunga KB Bukopin Naik Jadi Rp 1,1 Triliun

Kompas.com - 06/05/2023, 15:22 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank KB Bukopin (BBKP) mencatat peningkatan pendapatan bunga 23,5 persen secara tahunan menjadi Rp 1,1 triliun pada kuartal I-2023.

Pertumbuhan pendapatan bunga ini didorong oleh penyaluran kredit baru sebesar Rp 2 triliun. Angka tersebut meningkat 38,3 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun, total kredit pada periode yang sama tercatat sebesar Rp 45,8 triliun, atau turun 13,2 persen secara tahunan.

Baca juga: Kolaborasi, UOB Asset Management Sediakan Reksa Dana untuk Nasabah KB Bukopin

Deputi President Director PT Bank KB Bukopin Tbk Robby Mondong mengatakan, penurunan total kredit ini merupakan bagian dari strategi KB Bukopin untuk memperbaiki kualitas aset dengan cara melakukan penyelesaian atas kredit kualitas rendah.

"KB Bukopin yang sedang dalam proses turnaround, atau membalikkan bisnis menjadi lebih baik bersama KB Financial Group-Korea ini membuat kemajuan substansial," ujar dia dalam keterangan resmi, Jumat (5/5/2023).

Ia menambahkan, jumlah kredit bermasalah bruto atau Non Performing Loan (NPL) Gross KB Bukopin turun 48,6 persen secara tahunan, dari Rp 6,1 triliun di kuartal I 2022 menjadi Rp 3,2 triliun di kuartal I 2023.

Sementara, rasio NPL Gross berada di posisi 7 persen, membaik dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang di posisi 11,8 persen.

“Upaya Bank KB Bukopin untuk meningkatkan kualitas aset menunjukkan hasil, antara lain bisa dilihat dari jumlah kredit bermasalah yang turun secara drastis pada kuartal I 2023," imbuh dia.

Lebih jauh, peningkatan kualitas aset KB Bukopin juga bisa dilihat pada tingkat LAR (loan at risk) yang menurun dari 64,4 persen di kuartal I-2022 menjadi 50,3 persen di kuartal I-2023.

Sementara itu, Robby menerangkan total simpanan tercatat sebesar Rp 46,5 triliun, atau turun 5,4 persen secara tahunan.

Menurut dia, penurunan simpanan ini merupakan konsekuensi dari strategi KB Bukopin untuk membuat perubahan komposisi dana yang dikelola. Itu dilakukan supaya ke depannya bank bisa fokus meningkatkan dana murah yang diperoleh dari tabungan dan giro atau CASA (Current Account Saving Account) untuk mengelola biaya dana (Cost of Fund).

Dari posisi rasio CASA saat ini berada di 20,6 persen, Bank KB Bukopin menargetkan rasio CASA akan dapat meningkat menjadi mendekati 25 persen di akhir tahun 2023.

KB Bukopin berniat untuk mempertahankan rasio kredit terhadap simpanan (LDR) pada level saat ini, yaitu di posisi 98,5 persen.

"KB Bukopin akan mengelola dananya untuk menghindari dana menganggur yang berlebihan," imbuh dia.

Sementara itu, NIM (net of interest margin) KB Bukopin tercatat di posisi 0,8 persen, atau turun 1,7 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya. Hal tersebut disebabkan oleh tren peningkatan tingkat suku bunga acuan.

Baca juga: Bukalapak Bidik Pendapatan Rp 4,75 Triliun di Tahun 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com