Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kereta Api Baru KAI Beroperasi Mulai 1 Juni, Simak Harga Promo Tiketnya

Kompas.com - 13/05/2023, 21:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menambah lima kereta api baru mulai 1 Juni 2023. Hal ini seiring dengan mulai diberlakukannya grafik perjalanan kereta api (Gapeka) 2023.

Kelima kereta api baru tersebut ialah KA Pandalungan relasi Gambir-Jember pp, KA Argo Semeru relasi Gambir-Surabaya Gubeng pp, KA Argo Merbabu relasi Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng pp, KA Manahan Gambir-Solo Balapan pp, dan KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng- Solo Balapan pp.

Adapun untuk kelas pelayanannya, yaitu KA Pandalungan, KA Argo Merbabu, dan KA Manahan terdiri dari 8 gerbong eksekutif, KA Argo Semeru terdiri dari 9 gerbong eksekutif, serta KA Banyubiru terdiri dari 4 gerbong eksekutif dan 3 gerbong ekonomi.

Baca juga: Ada Modus Baru Pencurian Data, KAI Pastikan Charger Station di Stasiun dan Kereta Aman

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pada tahap awal KA Pandalungan, KA Manahan, dan KA Banyubiru akan beroperasi pada akhir pekan. Sementara KA Argo Semeru dan KA Argo Merbabu akan beroperasi setiap hari.

"Pengoperasian 5 KA baru ini kami tujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/5/2023).

Baca juga: Mulai 1 Juni, KAI Bakal Percepat Waktu Tempuh 140 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh

Tarif Promo 5 KA Baru

Selama satu bulan pertama pengoperasian 5 KA baru ini, PT KAI memberlakukan tarif promo dengan jumlah terbatas sebagai berikut: 

1. KA Pandalungan seharga Rp 300.000,

2. KA Argo Semeru seharga Rp 250.000,

3. KA Argo Merbabu Rp 200.000,

4. KA Manahan seharga Rp 200.000,

5. KA Banyubiru kelas eksekutif Rp 30.000 dan kelas ekonomi Rp 20.000.

Tarif promo ini berlangsung pada Juni 2023 dan dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, kai.id, dan kanal eksternal resmi lainnya sejak H-30 keberangkatan.

"Dengan adanya KA-KA baru dan tarif promo tersebut, diharapkan mampu meningkatkan animo masyarakat," kata Joni.

Baca juga: KAI Beri Diskon Tiket Kereta Hingga 20 Persen Keberangkatan 8-31 Mei


KA Pandalungan menawarkan rute baru dari Gambir-Jember pp, pada kelas eksekutif. Rute ini merupakan rute perdana yang menawarkan perjalanan langsung dari Jakarta menuju Jember lewat Semarang dan Surabaya tanpa transit, sekaligus akan menjadi kereta api dengan rekor jarak tempuh terjauh.

Sementara, KA Argo Semeru, KA Argo Merbabu, KA Manahan, dan KA Banyubiru menawarkan alternatif perjalanan kereta api kelas eksekutif pada rute-rute favorit yang telah ada sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com