Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Rupiah Edisi 2022 Dapat Penghargaan Internasional "Best New Banknote Series"

Kompas.com - 18/05/2023, 17:30 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Uang rupiah tahun emisi (TE) 2022 dinobatkan sebagai best new banknote series pada Currency Award ke-17 oleh International Association of Currency Affairs (IACA). Penghargaan itu diberikan dalam konferensi yang diadakan di Meksiko.

Dalam ajang tersebut, uang rupiah yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI) unggul setelah bersaing dengan uang terbitan Bank Sentral Costa Rica, Bank Sentral Meksiko, Bank Sentral Filipina, dan Bank Sentral Bahamas.

"Capaian pada posisi tertinggi dari uang rupiah tahun emisi 2022 dalam penghargaan tingkat dunia tersebut merupakan salah satu bentuk afirmasi dunia internasional atas kualitas uang rupiah Indonesia," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan tertulis, Kamis (18/5/2023).

IACA Curency Awards merupakan penghargaan yang diberikan terhadap pencapaian atas perkembangan dan inovasi di sektor pembayaran tunai yang diikuti oleh 29 negara pada tahun 2023.

Baca juga: BPK Temukan Uang Tahun Emisi 2022 Berpotensi Dipalsukan, BI: Pengamanan Paling Mutakhir

Unsur penilaian pemenang pada penghargaan ini ditentukan melalui kriteria yang mencakup inovasi dan keunikan fitur keamanan, integrasi unsur sejarah dengan konten lokal yang berkaitan dengan negara penerbit, efektivitas dari integrasi fitur keamanan, dan estetika tampilan serta desain uang kertas.

Erwin menuturkan, uang rupiah tahun emisi 2022 memang dilengkapi dengan berbagai penguatan dan inovasi pada aspek desain, unsur pengaman, dan bahan agar uang rupiah semakin indah, lebih aman, dan lebih tahan lama.

Baca juga: Aksi Iseng Warga Surabaya Potong Uang Rupiah Rp 32 Juta Berujung Penjara, BI: Dikenakan Sanksi Sesuai UU yang Berlaku

Inovasi dan penguatan pada uang rupiah tersebut, menjadikan uang rupiah semakin mudah dikenali, sulit untuk dipalsukan, serta memiliki masa edar lebih lama.

"Sehingga uang rupiah semakin berkualitas dan terpercaya, serta menjadi kebanggaan sebagai alat pembayaran yang sah dan simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata dia.

Adapun, uang rupiah tahun emisi 2022 yang diluncurkan BI pada 17 Agustus 2022 lalu, terdiri dari tujuh pecahan yaitu pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000.

Uang rupiah tahun emisi 2022 yang bertema "Bersatu Dalam Rupiah, Berdaulat di NKRI" dengan menampilkan pahlawan nasional, ragam budaya dan lanskap Nusantara tersebut, dicetak seluruhnya di dalam negeri oleh Perum Peruri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com