Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Sukses Adorable Projects, Bisnis Fesyen dengan Modal Awal Rp 180.000

Kompas.com - 15/06/2023, 15:05 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis fesyen di Indonesia terus tumbuh ditandai dengan munculnya berbagai jenama fesyen dalam negeri. Salah satu jenama fesyen yang mengedepankan produk sepatu dan aksesori wanita adalah Adorable Projects. 

Jenama lokal ini didirikan oleh Iera Hanira, seorang wanita asli Bandung yang menjalani bisnis bersama suaminya, Fajar Nugraha. 

Sejak pertama membangun bisnisnya, couplepreneur ini percaya kesuksesan bisnis bukan hanya soal mendapatkan keuntungan semata, tetapi juga harus memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Saat ini, puluhan karyawan dan ratusan perajin lokal bekerja bersama Iera mendukung pertumbuhan Adorable Projects. 

Baca juga: Franchise Ekspedisi Modal Rp 5 Jutaan, Mulai Bisnis Enggak Harus Mahal

Perjalanan Iera dalam membangun Adorable Projects tidaklah mudah. Iera menceritakan, Adorable Projects dimulai hanya dengan modal sebesar Rp 180.000 dengan operasional bisnis yang dilakukan bersama oleh pasangan ini.

Seiring berjalannya waktu, mereka memutuskan kendali bisnis dipegang Iera sepenuhnya, dengan dukungan penuh dari sang suami. 

Saat memulai bisnis, Iera hanya ingin fokus untuk mengembangkan kualitas produk, dan belum terpikirkan untuk mengembangkan bisnis lewat kanal online.

“Hal yang paling penting buat saya saat itu pokoknya quality, quality dam quality, Awalnya kami hanya berjualan secara offline, tidak kepikiran sama sekali buat punya online store”, ujar Iera, dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (15/6/2023). 

Baca juga: Adisatrya Sulisto: Bangun Bisnis Rintisan, Pemuda Indonesia Harus Siap Mental

 

Ia menambahkan, awalnya Adorable Projects hanya menjual sepatu-sepatu lucu dan unik dengan pasar yang didominasi oleh generasi milenial.

Namun melihat tren di pasaran, Adorable Project juga menjual laptop case, outwear, pants, dress, earrings, bags, dan tote bag.

Lambat laun, Iera menyadari pentingnya memperluas pasar untuk keberlanjutan bisnisnya.

Pilihannya jatuh kepada platform e-commerce. Platform ini disebut memiliki basis data pelanggan yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia, serta mewakili pangsa pasar yang ingin dicapai Adorable Projects.

Baca juga: Tingkap Kepercayaan Masyarakat terhadap Bisnis di Indonesia Naik

“Setelah bergabung dengan e-commerce, kami mengalami pertumbuhan pesat dan berhasil menjangkau pasar yang lebih luas. Semua itu tentu diraih dengan kerja keras dan kemauan untuk mempelajari dan mengeksplorasi berbagai fitur menarik yang ada di e-commerce,” ungkap Iera. 

Dengan berjualan melalui e-commerce, Iera jadi tahu kalau fitur-fitur menarik yang ditawarkan.

“Dari Lazada Seller Center misalnya, saya bisa mengetahui tren yang lagi digemari anak muda. Awalnya pasar Adorable Projects kebanyakan didominasi oleh generasi milenial, namun seiring berjalannya waktu, bahkan banyak sekali Gen-Z yang membeli produk kami karena kami juga berusaha menyesuaikan produk kami dengan tren yang sedang berkembang," imbuh dia.

Baca juga: Senjakala Bisnis Toko Buku

"Produk-produk Adorable Project memiliki desain yang cerah, lucu dan unik dengan sedikit sentuhan feminin yang menjadi ciri khas Adorable Projects. Hasilnya, pasar kami pun kini meluas ke Gen-Z yang memang tertarik dengan desain unik, lucu dan tidak biasa," timpal Iera.

Tak puas sampai di sana, Iera juga memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya secara lebih luas. Strategi Iera mengembangkan Adorable Projects dengan memanfaatkan platform e-commerce dan media digital terbilang berhasil.

Kini ia dapat membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang, dengan puluhan karyawan dan ratusan mitra perajin.

"Di Adorable Projects, kami juga ingin bertumbuh bersama komunitas di sekitar kami. Kami ingin memiliki peran besar untuk memberdayakan komunitas sekitar, khususnya para pengrajin lokal di Kota Bandung. Bandung kan terkenal dengan industri kriyanya, jadi kenapa kita tidak memanfaatkan sumber daya di sini. Pengrajin-pengrajin Kota Bandung itu keren-keren loh hasil karyanya," tandas Iera. 

Baca juga: Terleker: Bisnis Makanan Jadul yang Kekinian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com