Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melihat Nomor Kartu ATM BNI, Jangan Sampai Keliru

Kompas.com - 25/06/2023, 14:35 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Nomor kartu ATM BNI adalah deretan 16 digit angka yang berfungsi sebagai indentitas nasabah. Bagi sebagian orang, mungkin masih bingung di mana letak nomor kartu Bank BNI maupun fungsinya tersebut.

Cara melihat nomor kartu ATM BNI bisa dibilang sangatlah mudah. Nomor kartu Bank BNI ada pada bagian depan kartu debit atau kartu ATM.

Sebagaimana diketahui, saat membuka tabungan di bank, lazimnya seorang nasabah akan diberikan kartu debit untuk digunakan sebagai tarik tunai di mesin ATM.

Di dalam kartu debit memuat beberapa informasi seperti nomor kartu, bank penerbit, tanggal masa berlaku kartu, nama nasabah, dan prinsipal (VISA, MasterCard, dan GPN).

Baca juga: Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BCA

Mengenal nomor kartu ATM BNI

Sebagaimana sudah dijelaskan di atas, nomor kartu Bank BNI terletak di bagian depan kartu debit berupa 16 digit angka. Nomor kartu Bank BNI ini bisa dibilang sebagai data rahasia.

Jadi jangan beritahukan nomor ke sembarangan orang, karena bisa menjadi pintu masuk kejahatan perbankan. Ini karena nomor kartu Bank BNI merupakan salah satu pengaman bagi nasabah.

Apabila dilihat dari letaknya, nomor kartu ATM BNI berada tepat di bawah microchip. Nomor ini juga dicetak cukup besar dan terkadang terasa timbul sehingga tetap mudah terbaca meski warnanya luntur.

Letak nomor rekening di kartu ATM BNI?

Yang harus diketahui lagi, nasabah yang masih awam kerap menyamakan nomor kartu debit dengan nomor rekening. Padahal keduanya adalah dua hal yang berbeda.

Baca juga: Apakah Nomor Kartu ATM Ada di Buku Tabungan?

Nomor rekening tidak dicetak di kartu ATM. Melainkan pada buku tabungan. Selain itu, nomor rekening juga bisa dilihat pada aplikasi mobile banking maupun internet banking.

Jadi keliru kalau menganggap letak nomor rekening di kartu ATM BNI. Nomor rekening juga berbeda dnegan nomor kartu Bank BNI.

Nomor kartu ATM BNI bersifat rahasia. Jadi jangan berikan nomor kartu Bank BNI kepada sembarang orang.
Tangkapan layar laman resmi BNI Nomor kartu ATM BNI bersifat rahasia. Jadi jangan berikan nomor kartu Bank BNI kepada sembarang orang.

Nomor kartu ATM BNI berjumlah 16 digit, sementara untuk nomor rekening BNI berjumlah 10 digit. Kekeliruan lainnya yang cukup sering adalah menyamakan nomor kartu dengan kode CVV.

Kode CVV terdiri dari 3 digit angka yang sifatnya rahasia. Biasanya dipakai saat nasabah melakukan transaksi online. Kepanjangan dari CVV adalah Card Verification Value.

Baca juga: Cara Melihat Nomor Rekening di Kartu ATM, Memangnya Bisa?

Sebutan lain dari CVV yakni CVC atau Card Verification Code. CVV dan CVC itu serupa alias tidak ada bedanya, yang membedakan adalah perusahaan jaringan pembayaran yang jadi penerbitnya atau prinsipal.

Jika kartu ATM yang menggunakan logo VISA disebut CVV, sementara kartu debit dengan logo Mastercard menggunakan istilah CVC. Jadi sudah tahu kan di mana nomor kartu ATM BNI?

Di atas adalah contoh kode CVV. Kode ini bukan merupakan nomor kartu ATM BNI.Muhammad Idris/Money.kompas.com Di atas adalah contoh kode CVV. Kode ini bukan merupakan nomor kartu ATM BNI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com