Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Karyawan Punya Anak, Perusahaan China Ini Gelontorkan Rp 2 Triliun

Kompas.com - 01/07/2023, 17:18 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNN

HONGKONG, KOMPAS.com - Salah satu agen perjalanan online China Trip.com memberikan subsidi untuk karyawan yang punya anak baru senilai 138 juta dollar AS, atau sekitar Rp 2,07 triliun (kurs Rp 15.062 per dollar AS).

Subsidi itu diharapkan dapat mendorong 32.000 karyawannya untuk memiliki anak.

Pekerja yang telah bekerja di perusahaan setidaknya selama tiga tahun akan menerima bonus tahunan sebesar 1.376 dollar AS, setara Rp 20,72 juta.

Ketua eksekutif Trip.com James Liang mengatakan, bonus itu akan diberikan untuk setiap anak yang baru lahir setiap tahun sejak ulang tahun pertama anak tersebut hingga mereka mencapai usia lima tahun.

Baca juga: Empat Langkah Mempersiapkan Keuangan demi Masa Depan Anak

“Melalui pengenalan tunjangan penitipan anak baru ini, kami ingin memberikan dukungan keuangan yang akan mendorong karyawan kami untuk memulai atau menumbuhkan keluarga mereka tanpa mengorbankan tujuan dan pencapaian profesional mereka,” ujar dia dilansir dari CNN, Sabtu (1/7/2023).

Semua karyawan Trip.com yang telah bekerja untuk perusahaan selama tiga tahun akan memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus. Syarat itu terlepas dari jenis kelamin, posisi, atau lokasi pekerjaan.

Inisiatif Trip.com ini muncul saat China menghadapi krisis demografis.

Populasi China menyusut pada tahun 2022 untuk pertama kalinya dalam lebih dari 60 tahun. Rasio kelahiran China hanya 6,77 kelahiran per 1.000 orang.

Baca juga: Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan ke Surabaya, Pemerintah Gandeng China Lagi?

Pemerintah telah membatalkan kebijakan satu anak yang berjalan selama puluhan tahun pada tahun 2015. Awalnya, pemerintah mengizinkan pasangan menikah untuk memiliki dua anak.

Namun setelah kenaikan singkat pada tahun 2016, angka kelahiran nasional di China terus turun.

Masalah ini menjadi perhatian utama para pembuat kebijakan, karena dapat memiliki implikasi yang mendalam bagi negara.

Itu juga menambah masalah populasi yang menua, dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, dan mengurangi pendapatan pajak dan iuran ke sistem pensiun.

Sebelumnya, perusahaan seperti Beijing Dabeinong Technology juga akan memberikan bonus senilai 12.391 dollar AS untuk karyawan yang melahirkan anak ketiga.

Setali tiga uang, perusahaan layanan sanitasi perkotaan QiaoYin juga menawarkan bonus 13.759 dollar AS pada karyawan yang melahirkan anak ketiga.

Baca juga: Tiktok Dikabarkan Siapkan Project S, Jual Produk Sendiri Dikirim dari China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com