Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 8 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pencari Kerja Saat Wawancara

Kompas.com - 18/07/2023, 14:07 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang paling penting dipersiapkan ketika ingin melamar pekerjaan adalah tes wawancara. Meski kamu sudah pernah melewati proses wawancara kerja, namun hal itu tidak selalu membuatnya lebih mudah.

Pencari kerja bisa saja tidak menyadari kesalahan selama wawancara kerja, apalagi akan selalu ada elemen yang tidak terduga.

Pencari kerja mungkin sudah mempersiapkan diri dengan membaca tips wawancara kerja seperti bagaimana menjawab pertanyaan wawancara, bagaimana agar tidak terlihat tegang, dan lain-lain. Namun, pencari kerja juga perlu tahu apa saja yang harus dihindari saat wawancara kerja

Mengutip dari laman resmi JobStreet, Selasa (18/7/2023), berikut adalah 8 kesalahan yang sering dilakukan pencari kerja ketika wawancara:

Baca juga: Tips Lolos Wawancara Kerja dan Mendapatkan Gaji Tinggi

1. Salah Menyebut atau Lupa Nama Pewawancara 

Tidak semua orang mempunyai ingatan yang bagus akan nama. Terkadang, berada di dalam keadaan yang tertekan juga bisa membuat orang gugup. Akan tetapi, wawancara merupakan momen terakhir di man kamu tidak ingin hal tersebut terjadi. 

Untuk menghindari hal ini, jika kamu sedang melakukan wawancara telepon atau virtual, tulis nama dan jabatan pewawancara di catatan kamu atau di samping layar gadget yang kamu pakai. Hal ini sangat membantu kamu jika ada lebih dari satu pewawancara dalam rapat.

Jika pada akhirnya kamu tetap salah menyebutkan nama, segeralah meminta maaf dan tetap lanjutkan wawancara. Jangan berlarut memusingkan hal ini.

Ubah topik pembicaraan sehingga kesalahan yang terjadi segera berlalu. Selain itu, jika kamu ragu dengan ingatan kamu, kamu bisa menyebut pewawancara dengan kata ganti bapak/ibu saja.

Baca juga: Sebelum Negosiasi Gaji, Ini 6 Hal yang Harus Dipersiapkan

2. Bingung Menjawab Pertanyaan Pribadi

Ketika kamu sedang wawancara pekerjaan, mungkin kamu akan ditanya dengan sebuah pertanyaan yang kamu tidak nyaman atau tidak duga sebelumnya. Hal ini bisa menjadi pertanyaan yang kamu rasa terlalu personal, topik yang berpotensi sensitif, atau sesuatu yang tidak ingin kamu diskusikan.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengambil nafas panjang dan beri kamu waktu untuk berpikir. Ulangi pertanyaannya untuk memberikanmu waktu lebih sambil memastikan pertanyaan, sehingga tidak ada moment of silent.

Idealnya, kamu akan dapat menjawab pertanyaan seperti ini dengan tanggapan yang netral atau dengan candaan yang sopan. Jika hal ini tidak mungkin, cukup tersenyum dan beralihlah dengan menanyakan sebuah pertanyaan untuk mengganti topik pembicaraannya.

Baca juga: 10 Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Wawancara Kerja

3. Jawaban yang Tidak Jelas dan Bertele-tele

Luangkan waktu beberapa detik untuk memikirkan jawaban wawancara kerja. Pastikan kamu tidak melenceng atau mengakhiri dengan tiba-tiba tanpa melengkapi jawaban. Selain itu, hindari bergumam atau berbicara terlalu cepat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com