Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Jalan di Bengkulu dan 12 Provinsi Lain Dimulai Pekan Ketiga Juli 2023

Kompas.com - 22/07/2023, 07:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau dimulainya perbaikan jalan daerah yang rusak di Provinsi Bengkulu, Jumat (21/7/2023), yakni Jalan Kerkap-Tanjung Agung Palik-Gunung Selan-Girimulya di Kabupaten Bengkulu Utara.

Presiden Jokowi mengatakan, Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah untuk meningkatkan kondisi jalan daerah di Bengkulu, yakni jalan provinsi dan kabupaten/kota dengan kondisi 40 persen rusak.

Perbaikan jalan daerah yang diintervensi pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini akan dibiayai menggunakan APBN.

Baca juga: Jalan Keluar Krisis Angkutan Umum Perkotaan

"Untuk di Provinsi Bengkulu ada 8 ruas yang ditangani lewat Inpres tersebut, tetapi kita masih proses kemungkinan akan bertambah. Kita harapkan di seluruh provinsi di Indonesia, (penanganan jalan daerah) mulai berjalan di akhir Juli 2023," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (21/7/2023).

Lebih lanjut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, perbaikan jalan daerah ini akan dimulai minggu ketiga bulan ini.

"Pada bulan ini kita sudah mulai seperti di Bengkulu dan 12 provinsi lainnya secara serentak, seperti Lampung, Jambi, Sumatera Utara dan Jawa Barat," kata Basuki.

Baca juga: INA Ambil Alih Jalan Tol Medan-Binjai dan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dari Hutama Karya

Direktur Preservasi Wilayah 1 Jalan dan Jembatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Nyoman Suaryana mengatakan, Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) pekerjaan Jalan Inpres Nomor 3 Tahun 2023 sudah terbit pada 11 Juli 2023.

"Kemudian kita langsung lakukan lelang/pengadaan dengan e-katalog. Per hari ini tanggal 20 Juli 2023 sudah terkontrak 24 paket pekerjaan dengan nilai sekitar Rp 1 triliun lebih untuk di seluruh Indonesia dari total anggaran Rp 7,4 triliun untuk tahap 1," ucap Nyoman.

Nyoman mengatakan, hingga akhir Juli 2023 ditargetkan seluruh 229 paket sudah terkontrak dan bisa segera dikerjakan.

"Target diselesaikan semuanya pada akhir 2023 ini kecuali satu paket di Jawa Tengah dengan kontrak tahun jamak sampai 2024, yakni di ruas Jalan Tambakmulyo," ujarnya.

Baca juga: Waskita Karya Bakal Bangun Jalan di IKN Senilai Rp 1,3 Triliun

Daftar 8 Jalan di Bengkulu yang Diperbaiki

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu Aryatno Sihombing mengatakan, Ruas Jalan Kerkap-Tanjung Agung Palik-Gunung Selan-Girimulya sepanjang 58,4 km merupakan salah satu ruas yang ditangani melalui Inpres Jalan Daerah di Bengkulu pada TA 2023 dengan anggaran Rp 41,44 miliar.

"Ruas ini sangat penting untuk mengangkut hasil perkebunan dan pertanian. Masa pelaksanaannya dimulai sejak 18 Juli 2023 hingga akhir Desember 2023. Konstruksinya dilaksanakan oleh PT Rodateknindo Pura Jaya, dengan kondisi eksisting baik sepanjang 9,5 km dan rusak berat sepanjang 48,9 km," kata Aryatno.

Aryatno menyebutkan di seluruh Provinsi Bengkulu terdapat sebanyak 8 ruas sepanjang 155,7 km yang dikerjakan melalui Inpres Nomor 3 Tahun 2023 dengan alokasi anggaran Rp 327,12 miliar.

Baca juga: Duduk Perkara Pengguna Jalan Bayar Tol Rp 724.000, Ternyata Denda karena Putar Balik

Tujuh ruas lainnya yakni Jalan Palak Siring-Matai di Kabupaten Bengkulu Selatan (18,28 km), Jalan Tanah Rekah- Sp IV Teras Terunjam (19,1 km), Jalan Tenangan-Rawasari Kabupaten Seluma (9,7 km), Jalan Simpang Pt Maju-Talang Baru hingga Gajah Makmur Kabupaten Mukomuko (32,15 km).

Selanjutnya Jalan Suka Maju-Bukit Makmur Kabupaten Mukomuko (8,4 km), Jalan Embong Panjang-Semelako Kabupaten Lebong (5 km), dan Jalan Talang Bunut-Lemeupit Kabupaten Lebong (4,63 km).

Baca juga: Hotel di Rest Area Jalan Tol Bakal Makin Banyak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com