Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Tawaran Lowongan Kerja Bodong

Kompas.com - 29/07/2023, 18:16 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar penawaran pekerjaan freelance secara online melalui pesan WhatsApp, salah satunya kepada Kompas.com.

Dalam pesan itu seseorang mengaku bernama Cindy mengatakan, mendapatkan kontak dari database JobStreet.

"Perkenalkan nama saya Cindy, tujuan saya menghubungi anda untuk menawarkan pekerjaan Freelance secara online. Saya dapat nomer Anda dari database JobStreet. Mungkin kakak pernah mengajukan lamaran di sana. Apakah kakak berminat?," sebut pesan tersebut.

Setelah itu, yang bersangkutan meminta sejumlah data diri mulai dari nama lengkap, umur, alamat, hingga nama media sosial. Selain itu juga meminta untuk bersedia menjawab kepemilikan rekening.

Baca juga: 26.690 Orang Klaim Jaminan Kehilangan Pekerjaan Selama 6 Bulan Terakhir

"Untuk penerimaan gaji/fee apakah kakak memiliki rekening bank? Kakak cukup menjawab Ada/Tidak," bunyi pesan itu.

Terkait hal itu COO JobStreet Indonesia Varun Mehta mengatakan, pihaknya tidak pernah menyebarluaskan database para pengguna JobStreet kepada siapapun.

Dia pun meminta agar masyarakat tetap berhati-hati ketika mendapatkan tawaran lowongan pekerjaan sebab cenderung ketika seseorang membutuhkan pekerjaan kurang fokus dalam memeriksa lowongan.

"JobStreet selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk siapapun. Sebagai platform ketenagakerjaan terpercaya di Indonesia kami berkomitmen membantu masyarakat menjalani pekerjaan yang lebih memuaskan dan produktif serta membantu perusahaan agar berhasil," ujarnya dalam keterangannya kepada Kompas.com, Sabtu (29/8/2023).

"Di lain sisi kami juga meminta para pencari pekerjaan untuk tetap berhati-hati dalam menerima lowongan pekerjaan," tambah dia.

Varun pun membeberkan ada 6 ciri-ciri lowongan kerja bodong yang perlu diwaspadai oleh pencari kerja.

Pertama adalah posisi yang ditawarkan dan nilai gaji tidak sesuai. Varun mengatakan, jika pekerjaannya terlihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, kemungkinan besar memang begitu adanya.

Dibayar dengan gaji besar untuk melakukan tugas-tugas ringan adalah skenario impian bagi siapa pun. Namun, beberapa tawaran pekerjaan ini bisa jadi penipuan.

Orang yang menjadi korban penipuan biasanya tertarik dengan janji gaji tinggi dan pekerjaan mudah, yang merupakan kombinasi ideal bagi mereka yang mencari pekerjaan paruh waktu atau mereka yang memiliki pengalaman bekerja yang minim.

Kemudian ciri-ciri lowongan kerja bodong, yakni perekrut berkomunikasi secara eksklusif melalui media sosial.

Menurut Varun, jika seorang perekrut menghubungi melalui media sosial, sebaiknya sudah lebih skeptis. Perekrut dari perusahaan resmi biasanya berkomunikasi melalui email, telepon, atau aplikasi lowongan kerja, di mana identitas mereka yang sebenarnya ditampilkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com