Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ganti Jadwal Tiket Kereta Api Tanpa ke Stasiun dan Biayanya

Kompas.com - Diperbarui 07/01/2024, 22:14 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT KAI memberikan kemudahan bagi penumpang yang sudah memesan tiket kereta api dan ingin melakukan perubahan jadwal atau reschedule. Saat ini, mengubah jadwal atau cara reschedule tiket kereta api bisa dilakukan secara online. 

Masyarakat tidak perlu repot datang ke stasiun terdekat untuk reschedule tiket kereta api. Cukup akses aplikasi Access by KAI (dulu bernama KAI Access), proses ganti jadwal tiket kereta api akan selesai dalam hitungan menit.  

Meski begitu, ada beberapa ketentuan dan syarat reschedule tiket kereta api yang perlu diperhatikan. Salah satunya, terdapat biaya perubahan jadwal kereta api sebesar 25 persen dari tarif kereta api diluar bea pesan. 

Baca juga: Visa Luncurkan 4 Pilar Peta Jalan Keamanan Pembayaran di Indonesia

Selain itu, perubahan jadwal tiket kereta api juga hanya dapat dilakukan apabila tempat duduk kereta api yang baru (pengganti) masih tersedia.

Selanjutnya, perubahan jadwal melalui Access by KAI dapat dilakukan maksimal 2 jam sebelum kereta api berangkat dan kode booking yang dimiliki berstatus 'paid' serta belum dicetak sebagai boarding pass.

Lantas, bagaimana cara ganti jadwal tiket kereta api

Sebelum mengikuti tahapan-tahapan cara reschedule tiket kereta api secara online, simak syarat dan ketentuannya berikut ini: 

Baca juga: Hati-hati, OJK Temukan Modus Penipuan Replikasi Lembaga Keuangan Legal

  • Perubahan jadwal dapat dilakukan untuk jadwal keberangkatan dengan kereta api yang sama atau perubahan jadwal keberangkatan dengan kereta api yang berbeda.
  • Pemohon perubahan jadwal adalah penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi Access by KAI dan menggunakan akun Access by KAI milik pemohon.
  • Perubahan jadwal melalui Access by KAI dapat dilakukan maksimal 2 jam sebelum kereta api berangkat dan kode booking yang dimiliki berstatus paid serta belum dicetak sebagai boarding pass. Jika lewat dari waktu tersebut maka perubahan jadwal dilakukan di loket stasiun.
  • Perubahan jadwal dapat dilakukan apabila tempat duduk kereta api yang baru (pengganti), masih tersedia.
  • Dikenakan biaya perubahan sebesar 25 persen dari tarif kereta api diluar bea pesan dengan pembulatan ke atas pada kelipatan Rp 1.000.
  • Jika kereta api jadwal yang baru tarifnya lebih tinggi atau naik kelas pelayanan, maka akan dikenakan biaya tambahan untuk selisihnya dan biaya administrasi.
  • Jika kereta api jadwal baru tarifnya lebih rendah atau turun kelas pelayanan maka tidak ada pengembalian dana untuk selisihya tetapi tetap dikenakan biaya administrasi.
  • Perubahan jadwal secara online dapat dilakukan untuk pembelian tiket melalui online selain dari aplikasi Access by KAI selama belum dicetak sebagai boarding pass, kode booking dapat masuk ke menu Ticket dan nama yang terdapat di dalam tiket terdaftar sebagai user Access by KAI.
  • Untuk layanan bagasi sepeda tidak secara otomatis mengikuti jadwal yang baru. Penumpang harus melakukan pemesanan ulang bagasi sepedanya.
  • Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center (021) 121 atau surat elektronik ke alamat cs@kai.id

Cara ganti jadwal atau cara reschedule tiket kereta api serta syarat dan biayanyaPT Kereta Api Indonesia Cara ganti jadwal atau cara reschedule tiket kereta api serta syarat dan biayanya

Cara ganti jadwal tiket kereta api online

Setelah memahami syarat dan ketentuan, Anda bisa melakukan perubahan jadwal tiket kereta api secara online. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka aplikasi Access by KAI
  • Pada menu "Tiket", pilih kode booking tiket perjalanan kereta yang akan diubah jadwal (reschedule)
  • Pada halaman tersebut, klik tombol "Ubah Jadwal" (reschedule).
  • Pilih nama penumpang yang akan melakukan perubahan jadwal perjalanan kereta
  • Baca dan centang Syarat & Ketentuan kemudian "Lanjutkan"
  • Pada halaman Pesan Tiket, pilih stasiun asal, tujuan dan tanggal keberangkatan kereta. Kemudian Klik tombol "Cari Tiket".
  • Pilih jadwal kereta baru sesuai dengan jam keberangkatan yang Anda inginkan
  • Pada halaman konfirmasi pemesanan, pastikan kembali jadwal yang baru telah sesuai dengan yang Anda pilih pada tahap sebelumnya.
  • Baca dan centang "Syarat & Ketentuan", Lanjutkan proses ubah jadwal
  • Klik pembayaran kemudian pilih metode pembayaran yang Anda inginkan. Lanjut proses "Bayar"
  • Selamat proses ubah jadwal perjalanan telah berhasil.
  • Segera lakukan pembayaran.

Baca juga: LG Lanjutkan Megaproyek Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Biaya perubahan jadwal kereta api

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, perubahan jadwal kereta api akan dikenakan biaya sebesar 25 persen dari tarif kereta api diluar bea pesan dengan pembulatan ke atas pada kelipatan Rp 1.000.

Sebagai contoh, Anda telah membeli tiket kereta api seharga Rp 67.000. Jika ingin melakukan perubahan jadwal, maka ada harus membayar biaya tambahan sekitar Rp 17.000. 

Nah, itulah informasi seputar cara reschedule tiket kereta api serta syarat dan biayanya. 

Cara ganti jadwal atau cara reschedule tiket kereta api serta syarat dan biayanyaPT Kereta Api Indonesia Cara ganti jadwal atau cara reschedule tiket kereta api serta syarat dan biayanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com