Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Pelabuhan Pantoloan Palu dan Jadwal Kapalnya

Kompas.com - 09/08/2023, 12:11 WIB
Muhammad Idris

Penulis

 

KOMPAS.com - Pelabuhan Pantoloan Palu adalah pelabuhan yang bisa dibilang paling besar di Sulawesi Tengah selain Donggala. Sesuai namanya, lokasi berada di Kelurahan Pantoloan, Kecamatan Tawaeli, Kota Palu.

Selain dipergunakan sebagai sarana angkutan peti kemas, Pelabuhan Pantoloan Palu juga dipakai untuk lalu lintas kapal penumpang seperti Pelni.

Selama puluhan tahun, Pelabuhan Palu Sulawesi Tengah dikelola oleh BUMN PT Pelindo IV (Persero). Perusahaan ini kemudian dimerger menjadi PT Palabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo.

Pelabuhan di Palu ini sendiri merupakan terminal terbesar dan tersibuk di Provinsi Sulawesi Tengah dan juga sebagai pusat perdagangan dari dan menuju kawasan Indonesia Timur.

Baca juga: Info Pelabuhan Bangsal Lombok, Jadwal, dan Tiketnya

Pelabuhan Palu Sulawesi Tengah ini sempat luluh lantak saat gempa dan tsunami menerjang provinsi ini pada 2018. Namun kini, aktivitas di Pelabuhan Pantoloan Palu kembali bergeliat normal.

Jadwal kapal Pelabuhan Pantoloan Palu

Salah satu kapal yang jumlah penumpang yang paling banyak adalah KM Laboar yang dioperasikan oleh PT Pelni (Persero). Kapal ini melayani rute dari Balikpapan menuju ke Jayapura dengan singgah lebih dulu ke pelabuhan di Palu.

Mengutip laman Tribun Palu, jadwal keberangkatan KM Labora dengan tujuan akhir Jayapura biasanya pada setiap Jumat, pukul 13.00 WITA.

Namun jadwal kapal Pelni di Pelabuhan Palu Sulawesi Tengah ini bisa saja berubah-ubah sewaktu-waktu. Harga tiket KM Labobar dijual mulai Rp 154.000 sampai Rp 772.000.

Baca juga: Profil Pelabuhan Jamrud Surabaya, Terminal Tersibuk di Tanjung Perak

Kapal Pelni tersebut lalu akan berangkat dengan tujuan Bitung, Ternate, Sorong, Manokwari, Nabire, Serui, Jayapura pada pukul 15.00 WITA.

Kemudian selain KM Labora, ada pula jadwal kapal dari Pelabuhan Pantoloan Palu menuju tujuan akhir Maumere dan Larantuka yang dilayani KM Lambelu.

Untuk informasi lengkap dan pemesanan tiket KM Lambelu dan KM Laboar bisa mengeceknya pada laman Pelni Reservasi Tiket.

Pelabuhan Pantoloan Palu dilayani kapal KM Labora dan Lambelu. Pelabuhan Palu Sulawesi Tengah juga dipakai untuk angkutan peti kemas.Tangkapan layar Instagram Pelni Pelabuhan Pantoloan Palu dilayani kapal KM Labora dan Lambelu. Pelabuhan Palu Sulawesi Tengah juga dipakai untuk angkutan peti kemas.

Itulah informasi seputar Pelabuhan Pantoloan Palu. Semoga bisa membantu perjalanan Anda.

Baca juga: Profil Pelabuhan Sibolga, Jadwal Kapal, dan Tiketnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com