Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian PUPR Targetkan Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung Rampung Awal 2024

Kompas.com - 10/08/2023, 17:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung dapat rampung akhir 2023 atau awal 2024.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, penyelesaian pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung ini terkendala pada pembebasan lahan.

"Tahun ini mudah-mudahan ya targetnya, akhir tahun atau awal tahun depan mudah-mudahan bisa selesai. Jadi memang pembebasan tanahnya agak berat ya," ujarnya saat ditemui di kantornya, Rabu (9/8/2023).

Mengutip laman BPJT, saat ini Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dengan total panjang 26,18 kilometer (km) terdiri dari 2 seksi yaitu, Seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya sepanjang 3,17 km telah beroperasi sejak 26 Oktober 2020.

Baca juga: Tarif Tol Jagorawi dan Tol Sedyatmo Akan Naik, Simak Rinciannya

Kemudian untuk Seksi 2A ruas Jatikarya-Cikeas 3,50 km progres konstruksinya mencapai 98,16 persen telah dioperasikan sejak fungsional mudik lebaran kemarin.

Sedangkan untuk Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung sepanjang 19,80 km progres konstruksinya mencapai 72,94 persendiharapkan dapat selesai pada Oktober tahun 2023.

Dia menjelaskan, Tol Cimanggis-Cibitung merupakan bagian dari struktur jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 dan terkoneksi antar ruas tol di kawasan Metropolitan Jabodetabek. Endra memperkirakan JORR 2 akan terkoneksi sepenuhnya pada 2024.

Baca juga: Jokowi Curhat Pernah Terjebak Macet 6 Jam ke Sukabumi Sebelum Ada Tol

"JORR 2 itu 110 km, itu kan sudah di bagian baratnya hampir selesai semua sampai Cinere kan. Tinggal Cinere ke Jagorawi itu masih ada sedikit lagi, mungkin 2-3 km," ucapnya.

Sebagai informasi Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Cimanggis Cibitung Tollways terkoneksi langsung ke Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang saat ini telah beroperasi hingga Seksi 5, kemudian menjadi akses penghubung dari Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi, dan terkoneksi ke 5 ruas lainnya tergabung dalam Jalan Tol JORR 2.

Kehadiran Tol Cimanggis-Cibitung juga akan menambah kapasitas jalan yang melintasi empat wilayah, yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi. Serta menjadi salah satu solusi mengurangi kepadatan lalu lintas dari ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta atau mengarah ke wilayah Bogor.

Baca juga: Ruas Jalan Tol Cigombong-Cibadak Diresmikan, Tarifnya Masih Gratis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com