Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Prabowo Berantas Korupsi Bila Jadi Presiden: Naikkan Gaji PNS

Kompas.com - 10/09/2023, 06:31 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Bakal calon presiden (Bacapres) dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, mengaku sudah punya banyak program yang akan direalisasikan seandainya dirinya terpilih jadi Presiden RI pada Pilpres 2024 nanti.

Salah satu yang jadi prioritasnya adalah pemberantasan korupsi. Ia bilang, praktik KKN disebabkan karena kesejahteraan pegawai pemerintah yang masih kurang.

Sehingga cara yang efektif menekan angka korupsi, kata Prabowo, adalah dengan menaikkan gaji para pegawai pemerintah, baik itu PNS maupun TNI dan Polri.

"Birokrasi harus kita diperbaiki gaji-gajinya untuk hilangkan korupsi," ucap Prabowo dalam pidato politik saat Konsolidasi Pemenangan Partai Bulan Bintang di Padang yang disiarkan Live YouTube Gerindra TV, pada Minggu (10/9/2023).

Baca juga: Prabowo Mau Gratiskan Makan Siang dan Susu Anak Sekolah Bila Terpilih

"Korupsi harus kita berantas. Dengan ekonomi yang baik, gaji yang baik, saya kira tidak perlu orang korupsi," kata Prabowo lagi.

Mantan Danjen Kopassus ini, ia dan timnya sudah memiliki hitungan matematika terkait anggaran apabila program kenaikan gaji abdi negara ini direalisasikan nanti bila terpilih di Pilpres 2024.

Prabowo melanjutkan, apabila pegawai pemerintah sudah digaji tinggi namun tetap juga melakukan korupsi, maka ia berjanji akan menegakkan hukum seberat-beratnya.

"Kalau korupsi, harus dihukum seberat-beratnya," beber Prabowo.

Baca juga: Gaji Tinggi, Tetap Korupsi, Ironi Remunerisasi di Bea Cukai

Dalam kesempatan yang sama, ia juga menjanjikan program peningkatan gizi bagi anak-anak sekolah hingga pesantren.

Caranya dengan memberikan makan siang bergizi dan susu gratis untuk anak sekolah. Programnya itu ia sampaikan dalam pidato politik saat Konsolidasi Pemenangan Partai Bulan Bintang di Padang, Sumatera Barat.

"Selanjutnya kita harus, rencana kita memberi makan siang dan minum susu gratis untuk semua murid di sekolah negeri, sekolah swasta, pesantren, anak-anak balita dan bantuan gizi untuk ibu-ibu hamil," kata Prabowo.

Meski bakal menyedot banyak anggaran, program tersebut bukanlah hal yang mustahil dijalankan. Asalkan rakyat bisa memenangkan dirinya, Prabowo berjanji untuk membuat banyak kebijakan yang berpihak pada rakyat.

Baca juga: Sumber Kekayaan Arsjad Rasjid yang Jadi Ketua Tim Pemenangan Ganjar

"Nanti akan ada yang tanya apakah bisa? 'Oh mana bisa? Dari mana?' Eh, saudara-saudara, kita sudah hitung matematika, sumber-sumbernya bisa, asalkan mau. Mau enggak berpihak kepada rakyat?" ucap Prabowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com