Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Peluang Bisnis dalam Usaha Jasa Penerjemah

Kompas.com - 07/10/2023, 11:10 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kemampuan berbahasa asing merupakan salah satu modal berharga bagi mahasiswa. Khususnya, jika mereka tertarik mendapatkan penghasilan tambahan atau menambah uang saku.

Kemampuan bahasa asing juga berguna untuk membuka layanan penerjemah. Selain menerjemahkan naskah berdasarkan permintaan, Anda juga dapat mengajukan jasa ke penerbit buku atau menjadi penerjemah lisan.

Cara menjadi penerjemah buku dilakukan dengan mengajukan proposal buku yang akan Anda terjemahkan. Jika penerbit tertarik maka Anda diberi hak untuk menerjemahkan dengan imbalan yang biasanya cukup tinggi.

Begitu pula jika Anda ingin menjadi penerjemah lisan. Upah yang akan Anda terima tidak kalah menggiurkan.

Lalu bagaimana prospek bisnisnya?

Baca juga: 8 Kesalahan Menjalankan Bisnis Franchise yang Perlu Dihindari

Mengutip dari buku Kaya Raya Tanpa Modal untuk Anak Muda yang ditulis oleh Agustina Wulandari, Sabtu (7/10/2023), berikut adalah prospek dan tips membuka usaha jasa penerjamah.

Kunci Sukses Memulai Bisnis Penerjemah

Menjalankan usaha ini sangat mudah. Anda tidak perlu repot membuka toko karena usaha ini dapat dijalankan secara online. Hal yang terpenting, Anda harus memiliki kemampuan satu atau beberapa bahasa asing.

Jasa penerjemah bahasa asing kini banyak dicari karena sudah menjadi hal wajib dalam pembuatan tesis, jurnal, laporan penelitian, serta karya ilmiah lainnya.

Anda juga dapat mencoba mengembangkan usaha ini melalui iklan di internet atau selebaran yang disebar di sekolah dan universitas.

Agar dapat menjadi seorang penerjemah yang sukses, Anda perlu melakukan beberapa inovasi usaha.

Jasa penerjemah bahasa asing akan mendapatkan keuntungan besar jika para konsumen merasa puas terhadap hasil terjemahan. Oleh karena itu, tentukan harga terjemahan yang relatif terjangkau, tetapi mengedepankan kualitas.

Dengan memberikan hasil yang baik maka Anda akan mendapatkan banyak konsumen. Saat ini, sebagian besar konsumen membutuhkan jasa penerjemahan untuk bahasa Inggris, Arab, Jepang, Jerman, Prancis, serta Mandarin.

Hal ini disebabkan bahasa-bahasa memiliki banyak peminat, di kalangan mahasiswa maupun pebisnis.

Gambaran Praktik Bisnis Penerjemah

Praktik bisnis menjadi penerjemah sangat mudah. Anda tinggal menerjemahkan teks bahasa Indonesia ke bahasa asing tertentu atau sebaliknya, tergantung dari permintaan konsumen.

Jasa ini pun dapat Anda lakukan dalam bentuk penerjemahan dialog.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com