Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Tanda Tangan Elektronik Hadir di Trade Expo Indonesia 2023

Kompas.com - 19/10/2023, 23:20 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran perdagangan terbesar di Indonesia yakni Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 Tahun 2023 sudah resmi dibuka pada 18 Oktober 2023. 

Pada tahun ini, seller dan buyer bisa memanfaatkan layanan tanda tangan elektronik dalam setiap kesepakatan dagang. Hal itu karena startup tanda tangan elektronik Privy jadi mitra resmi tanda tangan digital dan pelaporan pajak di TEI 2023.

"Di sektor perdagangan tidak terlepas dengan dokumen-dokumen penting seperti letter of credit, faktur perdagangan, kontrak penjualan, surat pemesanan yang sifatnya sensitif dan rawan diubah isinya," ujar CEO & Founder Privy, Marshall Pribadi dalam siaran pers, Kamis (19/10/2023)

Baca juga: Neraca Perdagangan Indonesia Surplus untuk 41 Bulan Berturut-turut

"Untuk itulah perlu dilakukan aplikasi tanda tangan elektronik tercatat serta pengiriman dokumen tersertifikasi. Dengan menggunakan Privy diharapkan semua korespondensi perdagangan bisa terverifikasi dengan baik," sambung dia.

Marshall mengatakan layanan Privy menjamin identitas penerima dan pengirim telah menggunakan verifikasi data kependudukan hingga biometrik wajah ke Ditjen Dukcapil Kemendagri, dan teknologi Infrastruktur Kunci Publik berbasis hashing dan kriptografi asimetris.

Dengan begitu kata dia, integritas isi pesan tetap terjaga dan tidak bisa diubah maupun diakses dari mana pun.

Baca juga: Rendang Goes to Europe Hadir di Trade Expo Indonesia 2023

Dalam kesempatan berbeda, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyambut baik kiprah Privy di acara TEI 2023. Menurutnya, akselerasi digital di sektor perdagangan Indonesia adalah untuk menjawab tantangan kemajuan era digital yang tak bisa dihindari.

"Zaman sudah maju dan saat ini eranya digital, untuk itu kami perlu menata agar ekosistemnya berjalan dengan baik. Kami dukung Privy untuk mengakselerasi digitalisasi di sektor perdagangan," kata Zulkifli.

Sebelumnyya, Presiden Joko Widodo secara virtual membuka pameran dagang atau Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan secara offline di ICE BSD City selama 18-22 Oktober 2023 dan secara online 18 Oktober-18 Desember 2023.

Baca juga: Perdagangan CPO Ditargetkan Sudah Lewat Bursa pada 23 Oktober 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com