Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 3 Tips Menjawab Pertanyaan Deskripsi Diri Saat Wawancara Kerja

Kompas.com - 31/10/2023, 12:35 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pertanyaan yang selalu ditanyakan dalam wawancara kerja adalah “Bagaimana anda mendeskripsikan diri anda?”.

Meskipun terdengar sederhana, banyak kandidat yang khawatir tidak bisa memberikan jawaban yang tepat kepada perekrut atau malah memberikan kesan yang kurang bagus.

Mendeskripsikan diri saat wawancara bisa menjadi tantangan lantaran kamu harus memberikan gambaran yang lengkap dan jujur tentang siapa diri kamu sebagai seorang profesional.

Baca juga: Tips Konfirmasi E-mail Wawancara Kerja

Tidak hanya menyebutkan kualitas diri yang positif, kamu juga harus bisa meyakinkan perekrut bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk perusahaan.

Mengutip dari laman resmi @JobStreet, Selasa (31/10/2023), berikut adalah beberapa tips bagi kamu saat menjawab pertanyaan mendeskripsikan diri:

1. Identifikasi kualitas diri

Mengenali kualitas diri adalah langkah pertama dalam menyusun jawaban tentang deskripsi diri. Setiap individu itu unik dan memiliki kualitas diri yang berbeda-beda.

Berikut ini beberapa teknik yang dapat kamu lakukan untuk mencari tahu kualitas diri:

  • Refleksi diri

Refleksi diri atauself-reflectionmerupakan teknik yang paling mudah dilakukan. Kamu bisa melakukannya dengan menganalisis diri serta mengevaluasi pemikiran, emosi dan tindakan yang kamu lakukan. Catat kualitas apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan dan potensi dirimu.

Baca juga: Tips Wawancara Kerja Lewat Telepon

  • Pencapaian

Kualitas diri seseorang dapat dilihat dari pencapaian dan prestasinya. Amati prestasi apa saja yang telah kamu capai selama ini, baik di tempat kerja atau lingkungan rumah.

  • Evaluasi dan umpan balik

Jika kamu merasa kesulitan mengidentifikasi kualitas diri, kamu bisa mencari masukan dan penilaian dari orang lain tentang dirimu. Mintalah feedback dari orang-orang yang memang mengenalmu seperti rekan kerja, teman atau keluarga.

Setelah itu, lakukan evaluasi untuk mengenali kelemahan atau kualitas-kualitas yang menjadi kelebihanmu. Kamu juga bisa melakukan tes kepribadian menggunakantoolspsikologi yang dapat membantumu mengidentifikasi dan lebih memahami kualitas diri.

Kamu dapat melakukan berbagai tes kepribadian baik di internet maupun langsung dengan praktisi psikolog. Salah satu tipe tes kepribadian yang terkenal adalahMyers-Briggs Type Indicator (MBTI).

Baca juga: 10 Tips Lolos Wawancara Kerja

2. Memahami perbedaan hard skills dan soft skills

Ketika menjawab pertanyaan “Bagaimana Anda mendeskripsikan diri Anda?”, sangat penting untuk menyebutkan hard skills dan soft skills yang kamu miliki. Karenanya, kamu harus paham perbedaan antara hard skills dan soft skills agar kamu bisa mendeskripsikan diri dengan baik.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com