Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zurich Targetkan Pendapatan dari Premi Asuransi Tumbuh "Double Digit" pada 2024

Kompas.com - 05/12/2023, 12:14 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Zurich Asuransi Indonesia menargetkan pendapatan premi pada 2024 tumbuh double digit. CFO Zurich Asuransi Indonesia Musi Samosir mengatakan, hingga saat ini penyumbang premi terbesar muncul dari pendapatan pada lini asurasi kendaraan.

“Harapan kita tahun ini bisa mempertahankan kinerja untuk 2023 dan memang aspirasi kita dengan kondisi ekonomi untuk 2024,” kata Musi di Jakarta, Senin (4/12/2023).

“Kita targetkan pertumbuhan double digit untuk pendapatan kita (premi), sampai tahun depan juga,” lanjutnya.

Baca juga: Kapan Masyarakat Butuh Produk Asuransi Unitlink?

Pada kuartal III-2023, Zurich Asuransi Indonesia mencatatkan pendapatan premi bruto sebesar Rp 1,78 triliun atau naik 13 persen dibandingkan dengan kuartal III-2022 sebesar Rp 1,57 triliun.

Musi mengungkapkan, kontributor terbesar dari pendapatan Zuricah adalah dari kendaraan bermotor. Selain itu, lini bisnis asuransi kesehatan juga mengalami pertumbuhan signifikan sepanjang 2023.

“Masih dari (asuransi) kendaraan bermotor (kontribusi), line bisnis terbesar kita proyeksinya sampai dengan 2024 sama line kendaraan bermotor tetap menjadi line of business terbesar kita,” ujar Musi.

Di sisi lain, asuransi kesehatan kita juga mengalami pertumbuhan positif. Zurich berfokus pada pengembangan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan pasar, serta dilakukan juga dengan hati-hati untuk menjaga profitabilitas.

“Asuransi kesehatan kita juga tumbuh positif, yang menjadi perhatian kita adalah inflasi. Kita berfokus dari berbagai aspek di segi underwriting kita, untuk mengembangkan asuransi kita dengan hati-hati, untuk menjaga tingkat profitabilitas,” tambah dia.

Sepanjang 2023, Musi mengatakan bahwa total klaim mengalami kenaikan yang didorong oleh kinerja bisnis di awal tahun, seperti klaim banjir dan kebakaran.

“Ini sedikit banyaknya dampak inflasi, juga kita diskusikan. Kita akan me-review posisi kita di asuransi kesehatan ini, dan melakukan pengembangan di 2024. Kita tetap akan tumbuh dan kita lakukan dengan disiplin dan hati-hati,” ungkap Musi.

Di tahun depan, Zurich menargetkan lini bisnis asuransi kendaraan bermotor bisa mengalami kenaikan sesuai dengan target perusahaan. Asuransi perjalanan menjadi salah satu asuransi yang mencatat kinerja positif adalah asuransi travel seiring dengan restriction pandemi yang sudah dicabut. Demikian juga dengan properti yang juga akan tumbuh.

Baca juga: OJK Cabut Izin Usaha Asuransi Purna Artanugraha

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com