Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Pemerintah Gelontorkan Rp 500 Triliun di Akhir Tahun | Utang Luar Negeri Indonesia Turun

Kompas.com - 16/12/2023, 06:16 WIB
Erlangga Djumena

Editor

1. Gelontorkan Rp 500 Triliun di Akhir Tahun, Sri Mulyani: Bayar Tagihan-tagihan

Pemerintah akan menggenjot penyerapan anggaran belanja jelang tutup buku tahun ini. Hal ini dilakukan dengan membayarkan tagihan-tagihan yang belum terselesaikan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan membayarkan tagihan-tagihan sebesar Rp 500 triliun yang terkait dengan anggaran tahun ini.

Pembayaran ini akan dikebut, sebab kas negara akan tutup buku pada tangal 29 Desember 2023.

"Saya sampaikan dua minggu ke depan Rp 500-an triliun kita akan membayarkan tagihan-tagihan. Jadi dua minggu ke depan itu luar biasa sangat besar alokasi APBN kita," ujar dia, dalam konferensi pers APBN KiTa, di Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Selengkapnya simak di sini

2. Menyoal "Contract Farming" Solusi Pengganti "Food Estate" ala Anies Baswedan

Konsep calon presiden (capres) nomor urut satu dalam kontestasi Pemililihan Presiden 2024, Anies R Baswedan memang menunjukkan antitesa kebijakan dan program Presiden Joko Widodo.

Salah satu kebijakan yang dikritik dan ditolak oleh Anies adalah program “food estate” atau lumbung pangan sebagai salah satu program ekstensifikasi penambahan luas baku sawah dan tanaman pangan laiinya untuk memperkuat ketahanan pangan nasional.

Konsep “Contract Farming” disebut Anies sebagai solusi pengganti “Food Estae”.

Baca analisa selengkapnya di sini

3. Pertamina Temukan Sumber Migas Baru di Bekasi dan Indramayu

PT Pertamina (Persero) melalui subholding upstream PT Pertamina EP (PEP) Regional Jawa menemukan dua sumber migas baru di Jawa Barat. Penemuan ini hasil dari pengeboran dua sumur eksplorasi.

Kedua sumur tersebut yakni East Akasia Cinta (EAC)-001 di wilayah kerja PEP Jatibarang Field, Kabupaten Indramayu, serta Sumur East Pondok Aren (EPN)-001 di wilayah kerja PEP Tambun Fild, Kabupaten Bekasi.

Melalui uji alir produksi (drill stem test/DST) sumur EAC-001 diperoleh hasil laju alir minyak sebesar 30 barrel minyak per hari (bopd), gas mencapai 2,08 juta kaki kubik gas per hari (mmscfd) dan kondensat setara 15,05 barrel kondensat per hari (BCPD).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com