Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Indonesia Jadi Negara Maju sebelum 2045, Ini Pesan Luhut untuk Capres

Kompas.com - 22/12/2023, 11:20 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pesan untuk calon-calon presiden yang tengah berkontestasi dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Luhut menyampaikan pesan tersebut dalam konferensi pers secara virtual Kemenko Marves bertajuk "Evaluasi Kinerja 2023 Menuju Indonesia Emas 2045" pada Jumat (22/12/2023).

Luhut mengatakan, Indonesia akan menghadapi kondisi ekonomi yang kompleks, sehingga dibutuhkan kekompakan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia 5 sampai 10 tahun ke depan.

Baca juga: AS-RI Kerja Sama Mineral Kritis, Luhut: Mereka Butuh Bahan Baku Industri Mobil Listriknya

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat ditemui usai perayaan ulang tahunnya ke-76 di Sopo Del Tower, Jakarta, Kamis (28/9/2023). Dok. PT (PLN) Persero Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat ditemui usai perayaan ulang tahunnya ke-76 di Sopo Del Tower, Jakarta, Kamis (28/9/2023). 

"Saya ingin sampaikan kepada masyarakat luas dan calon presiden yang akan datang, pemimpin yang akan datang, kita menghadapi kita menghadapi masalah yang kompleks dan kita harus kompak," kata Luhut.

Dalam paparan Kemenko Marves disebutkan bahwa agar Indonesia menjadi negara maju sebelum 2045, pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen tidak cukup.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia harus meningkat rata-rata 6 persen hingga 2030 sehingga Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita mencapai 10.000 triliun dollar AS.

Namun demikian, tanpa adanya upaya transformatif yang berkelanjutan, PDB per kapita Indonesia 2030 rata-rata hanya di kisaran 8.000 triliun dollar AS.

Baca juga: Ekonom: Penyaluran Kredit Harus Naik 20 Persen agar Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen

"Ini sebabnya kami menyiapkan semua ini dan melaporkan kepada presiden karena presiden ingin Indonesia itu masuk projectory ini, tapi kan enggak segampang itu," ujarnya.

Luhut juga menceritakan pengalamannya sebagai pembantu presiden dalam 10 tahun terakhir. Ia mengatakan, banyak peraturan-peraturan yang sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini, dan perubahan-perubahan yang dilakukan cukup sulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com