Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Perusahaan yang Baru IPO di Awal Tahun, Siapa Saja?

Kompas.com - 15/01/2024, 07:15 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun 2024, terdapat 7 perusahaan yang telah melaksanakan Initial Public Offering (IPO) atau Penawaran Umum Perdana Saham.

Perusahaan-perusahaan tersebut juga mematok harga saham yang cukup murah, yakni dibawah Rp 500 per lembar saham.

Adapun 7 perusahaan yang melakukan IPO di awal tahun ini di antaranya, PT Asri Karya Lestari Tbk (ASLI), PT Citra Nusantara Gemilang Tbk (CGAS), PT Adhi Kartiko Pratama Tbk. (NICE), PT Multi Spunindo Jaya Tbk (MSJA), PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk (SMLE), PT Manggung Polahraya Tbk (MANG), dan PT Samcro Hyosung Adilestari Tbk (ACRO).

Baca juga: 2024, Tahunnya Saham?

Tips membeli saham IPO agar tidak mengalami kerugianSHUTTERSTOCK/SHUTTER_O Tips membeli saham IPO agar tidak mengalami kerugian

Lebih rincinya simak rincian 7 perusahaan yang IPO di awal tahun ini. 

1. PT Asri Karya Lestari Tbk (ASLI)

ASLI adalah perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor umum. ASLI berpengalaman dalam proyek pembangunan di Indonesia khususnya dalam pekerjaan pondasi, erection, bekisting, dan pekerjaan jalan.

ASLI telah memliki pengalaman selama 15 tahun dalam berbagai proyek baik itu proyek strategis nasional hingga proyek swasta.

Seiring perjalanan usaha dan perkembangan pembangunan, perseroan mengembangkan sub bisnis untuk menunjang pembangunan Nasional dengan mengoptimalisasikan peluang usaha.

 

Baca juga: 3 Tips Beli Saham IPO agar Tidak Boncos

Ini dilakukan dengan mengakusisi PT Bumi Prima Kontruksi (bergerak dalam bidang persewaan alat berat, konstruksi bangunan sipil jembatan, jalan layang, fly over, dan underpass) dan PT Manyar Perkasa Mandiri (bergerak dalam bidang Industri Batching Plant) sehingga perputaran usaha dari hulu sampai ke hilir.

ASLI melantai di BEI pada 5 Januari 2024 dengan harga saham Rp 100 per lembar. Sejak IPO harga sahamnya terus mengalami penurunan, dan pada akhir perdagangan Jumat pekan lalu harga saham ASLI ditutup ambles 6,5 persen pada level Rp 57 per saham.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com