Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu Sri Mulyani Temui Puan Maharani, Ini yang Dibahas

Kompas.com - 26/01/2024, 11:12 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menemui Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani di Gedung DPR RI, Jakarta. Momen pertemuan ini dibagikan oleh Sri Mulyani lewat unggahan akun resmi Instagram-nya.

Melalui unggahannya, Sri Mulyani mengatakan, pertemuan dengan Puan dilakukan dalam rangka pembahasan pergantian anggota dewan pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI). Pertemuan dilakukan bersama Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara dan Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo.

"Kemarin, saya ditemani Pak @suahasil dan Pak @tiko1973 selaku wakil Panitia Seleksi Dewan Pengawas (Dewas) Lembaga Pengelola Investasi (LPI) berjumpa dengan @ketua_dprri Bu Puan Maharani @puanmaharani untuk berkonsultasi mengenai pergantian anggota Dewas LPI dari unsur profesional," tulis Sri Mulyani, Jumat (26/1/2024).

Baca juga: Pesan Sri Mulyani ke Anak Buahnya: Tahun Pemilu Jaga Sikap Kita, Netralitas Suatu Keharusan!

Bendahara negara menjelaskan, konsultasi bersama DPR terkait penentuan Dewas LPI sesuai dengan ketentuan berlaku. Ketentuan yang dimaksud ialah Undang-Undang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2020 tentang Lembaga Investasi Pemerintah.

Lebih lanjut ia bilang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyampaikan 2 nama usulan calon anggota dewan pengawas LPI. Dua nama itu telah diusulkan Jokowi lewat surat R-56/Pres/10/2023 tanggal 25 Oktober 2023.

"Presiden menugaskan Menkeu untuk melakukan konsultasi dengan DPR melalui surat Mensesneg nomor B-988/M/D-3/AN.01.00/10/2023 tanggal 23 Okt 2023," tulis Sri Mulyani.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menekankan, pembahasan terkait penentuan anggota dewan pengawas LPI menjadi sangat penting. Sebab, posisi tersebut harus diisii kembali pada Januari ini.

Sebagai informasi LPI merupakan lembaga yang diberikan kewenangan khusus untuk mengelola investasi pemerintah pusat. LPI berfungsi untuk mengelola investasi dan bertugas merencanakan, menyelenggarakan, megawasi, mengendalikan, hingga mengevaluasi investasi.

"Oleh karenanya, LPI yang terdiri dari Dewas dan Dewan Direkur haruslah diisi oleh orang yang benar-benar berkompeten di bidangnya," tulis Sri Mulyani.

"Semoga seluruh proses pemilihan Dewas LPI dapat meningkatkan kinerja LPI dalam menjalankan bisnis besarnya sebagai Sovereign Wealth Fund yang dimiliki bangsa kita," pungkas Sri Mulyani.

Baca juga: Diisukan Mundur, Sri Mulyani Unggah Momen Jalan-jalan bersama Pejabat Kemenkeu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com