Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Apa Itu Perusahaan Modal Ventura dan Manfaatnya

Kompas.com - 28/01/2024, 09:48 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pemilik usaha baru atau perusahaan rintisan (start up) yang ingin menaikkan level usahanya tapi masih terkendala dana, bisa mencoba penambahan modal melalui Perusahaan Modal Ventura.

Dana ventura atau modal ventura mungkin belum terlalu dikenal di kalangan masyarakat, padahal pembiayaan ini sangat membantu perusahaan baru atau rintisan.

Dilansir dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penyertaan modal ventura mayoritas diberikan kepada perusahaan baru, yang biasanya belum mempunyai riwayat operasional sebagai catatan untuk memperoleh suatu pinjaman dana.

Lantas, apa itu pengertian Perusahaan Modal Ventura?

Baca juga: SBN Ritel adalah Apa? Yuk Kenali Pengertiannya

Apa itu Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan Modal Ventura adalah badan usaha yang melakukan usaha penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (investee company), untuk jangka waktu tertentu dalam bentuk penyertaan saham, penyertaan melalui pembelian obligasi, dan/atau pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha.

Dana ventura mengelola dana dari investor dengan tujuan melakukan investasi pada perusahaan yang berisiko tinggi, sehingga perusahaan tersebut tak memenuhi persyaratan standar sebagai perusahaan terbuka atau untuk memperoleh pinjaman modal dari perbankan.

Bantuan pembiayaan ini umumnya diberikan untuk usaha kecil atau rintisan yang membutuhkan dana cukup besar agar bisa meningkatkan usahanya.

Modal ventura atau dana ventura mempunyai sejumlah manfaat yang utamanya untuk meningkatkan usaha yang dimiliki. Apa saja?

Baca juga: Obligasi Negara Ritel (ORI) adalah Apa? Yuk Kenali Pengertiannya

Manfaat modal ventura

1. Meningkatkan kegiatan usaha

Tak hanya berperan sebagai investor, perusahaan modal ventura juga akan ikut terlibat dalam manajemen. Perusahaan yang diberikan bantuan modal, akan dijadikan sebagai partner.

Investor dana ventura akan menjadi rekan yang membantu pengembangan produk, ide, maupun bisnis agar dapat berkembang.

Sehingga bisa dipastikan bahwa dengan adanya keterlibatan dari pemberi dana ventura, kegiatan dan potensi usaha akan menjadi jauh lebih meningkat.

Baca juga: Savings Bond Ritel SBR adalah Apa? Kenali Pengertian dan Keuntungannya

2. Pemasaran produk efisien

Biasanya perusahaan kecil atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menghadapi kendalam dalam pemasaran yang belum bisa maksimal.

Dana ventura akan membantu meningkatkan kredibilitas perusahaan, sehingga proses produksi UMKM menjadi lebih banyak. Bertambahnya produksi ini membuat pemasaran lebih maksimal dan lebih mudah.

Baca juga: Apa Itu Sukuk Ritel? Ini Penjelasannya

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com