Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visi dan Misi Ketenagakerjaan Capres: Janjikan Belasan Juta Lapangan Kerja

Kompas.com - 02/02/2024, 13:29 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat Pemilihan Presiden (Pilpres) pada Minggu (4/2/2024) mendatang. Dalam debat terakhir ini, salah satu tema yang akan dibahas adalah ketenagakerjaan.

Adapun dalam visi misinya,  pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) menjanjikan 15 juta hingga 17 juta lapangan kerja.

Berikut rangkuman visi dan misi capres dan cawapres tentang ketenagakerjaan. 

Baca juga: Terima Aduan Pengusaha soal Pajak Hiburan, Luhut: Kasian, akan Berdampak pada 20 Juta Lapangan Kerja

Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan saat ditemui usai kampanye terbuka di Gedung Adi Poday, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (31/1/2024).KOMPAS.com / IRFAN KAMIL Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan saat ditemui usai kampanye terbuka di Gedung Adi Poday, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (31/1/2024).

Anies - Cak Imin janjikan 15 juta lapangan kerja baru

Capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam visi misi berjudul "Indonesia Adil Makmur untuk Semua" menjanjikan penciptakan minimal 15 juta lapangan pekerjaan baru.

"Menciptakan minimal 15 juta lapangan pekerjaan baru termasuk pekerjaan hijau/green jobs pada 2025-2029," demikian keterangan dalam visi misi capres dan cawapres nomor urut 1, dikutip Jumat (2/2/2024).

Selain itu, Anies dan Cak Imin berjanji akan menciptakan lapangan kerja berkualitas dan menurunkan proporsi pekerja sektor informal dari 60,12 persen (data Februari 2023) menjadi 50 persen pada 2029.

Lalu, menciptakan lapangan kerja berkualitas di seluruh sektor, termasuk di sektor industri manufaktur, guna menurunkan tingkat pengangguran terbuka dari 5,45 persen (data Februari 2023) menjadi 3,5-4,0 persen pada 2029.

Baca juga: IMF: Dampak AI, 40 Persen Lapangan Kerja di Seluruh Dunia Bisa Hilang

"Penegakkan peraturan ketenagakerjaan untuk menata peran Tenaga Kerja Asing (TKA), termasuk dengan memberantas TKA ilegal," demikian keterangan dalam visi misi capres dan cawapres nomor urut 1.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com