Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Sebut Bakal Ada Merger Bank Syariah Lagi pada 2024

Kompas.com - 20/02/2024, 20:44 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan sinyal adanya aksi merger bank syariah lain yang akan terjadi.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan, terdapat sekurang-kurangnya tiga sampai empat bank yang akan merger ke depannya.

"Iya swasta bisa tiga sampai empat bank. Saya kira ini baguslah, positif. Sambutan bank terhadap POJK (Peraturan OJK) kita cukup bagus," kata dia usai Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2024, Selasa (20/2/2024).

Baca juga: Merger BTN Syariah dan Bank Muamalat Dinilai Akan Menguntungkan

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2024, Selasa (20/2/2024).KOMPAS.com/ AGUSTINUS RANGGA RESPATI Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2024, Selasa (20/2/2024).

Ia menambahkan, beberapa merger bank tersebut masih dalam tahap pembicaraan awal. Adapun, Dian membocorkan, aksi merger ini dipimpin oleh bank swasta dan bukan bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Aksi korporasi tersebut merupakan bagian dari implementasi Peraturan OJK Nomor 12 Tahun 2023 tentang Unit Usaha Syariah (UUS) yang terbit tahun lalu.

Dian menargetkan, konsolidasi ini mampu menghasilkan bank syariah yang besar dengan aset minimum mencapai Rp 200 trilun.

Hal tersebut akan membuat persaingan industri perbankan syariah semakin semarak. Pasalnya, saat ini PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) masih menjadi penguasa di segmen bisnis tersebut.

Baca juga: Misi Penyelamatan Bank Muamalat di Balik Upaya Merger dengan BTN Syariah

"Nah ini sedang kita terus matangkan, ada beberapa calon yang tentu kita harapkan akan menjadi merger yang cukup besar juga kira-kira," tandas dia.

Sebelumnya, Dian menyatakan, pihaknya berharap pemisahan unit usaha syariah (UUS) perbankan akan memunculkan dua hingga tiga bank lain yang memiliki ukuran sama dengan Bank Syariah Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com